Sukses

Apakah Teeth Retainer Aman?

05 Jun 2017, 22:23 WIB
Pria, 24 tahun.

Dokter yang terhormat, dokter saya akan menanyakan untuk perapi gigi yg sejenis treeth trainer, apakah aman dok? Apa akan merubah struktur gigi yg tidak rapi, serta efek samping nya bagaimana?

Terimakasih telah bertanya tentang apakah teeth retainer aman melalui fitur Tanya Dokter.

Penggunaan teeth retainer sesudah melepaskan kawat gigi aman untuk dipakai. Tujuannya untuk mempertahankan posisi dan hubungan gigi-geligi yang sudah rapi dan harmonis antara gigi atas dan bawah. Gigi selalu memiliki kecenderungan untuk bergerak karena adanya gaya saat melakukan gerakan pengunyahan. Berapapun usia pasien, setelah perawatan orthodontik selesai dan alat dilepas, tetap berpotensi untuk relaps. Apalagi pada pasien yang masalahnya tidak sebatas gigi (dental) saja tapi juga tulang rahang (skeletal), misalnya rahang bawah yang lebih maju dan menyebabkan gigitan menjadi edge to edge atau gigitan silang/crossbite. Teeth retainer tidak memiliki efek apa-apa dan aman untuk dipakai anak-anak maupun dewasa.

Teeth retainer tidak dapat merubah susunan ataupun struktur gigi yang tidak rapi. Jenis yang hampir sama dengan removable retainer adalah kawat gigi lepasan dengan cengkeram dan plat akrilik (orthodontic removable appliance). Alat ini dapat merubah susunan dan struktur gigi kearah yang diinginkan. 

Demikian jawaban yang dapat kami berikan mengenai apakah teeth retainer aman, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar