Sukses

Perkiraan Pasang Behel Tanpa Mencabut Gigi Terpendam

05 Jun 2017, 21:49 WIB
Wanita, 18 tahun.

Dok kira kira kemungkinan seperti apa jika saya tetap memasang kawat tanpa mencabut gigi taring saya yang tertanan?

Terimakasih telah bertanya tentang perkiraan pasang behel tanpa mencabut gigi terpendam melalui fitur Tanya Dokter.

Kami memahami keadaan yang anda alami. Berdasarkan keterangan yang anda sampaikan, memang pada dasarnya secara standard of prosedur (SOP) lebih baik mencabut/operasi gigi taring yang posisi horizontal(impaksi) sebelum melakukan perawatan kawat gigi. Karena jika dilihat dari foto rontgen panoramic, dikhawatirkan ada kemungkinan, gigi taring tersebut dapat menghalangi / menghambat jalannya pergerakan gigi lainnya. Namun pada pengalaman praktek pribadi, pernah mengalami kasus yang sama. Pasien tidak bersedia untuk dilakukan operasi pengangkatan gigi taring, namun tetap ingin memakai kawat gigi untuk meratakan susunan giginya. Oleh karena itu dibuatlah suatu perjanjian antara pasien dan dokter gigi, disebut informed consent yang berisi bahwa dokter gigi tidak bertanggungjawab apabila jalannya perawatan kawat gigi tanpa operasi pengangkatan gigi taring impaksi menjadi terhambat / terhalang sehingga hasil perawatan kawat gigi tidak menjadi maksimal. Setelah perawatan kawat gigi berjalan beberapa bulan, alhamdulillah ternyata hasilnyapun baik dan pasienpun merasa puas. Ternyata pergerakan gigi-gigi lainnya tidak terhalang oleh gigi taring yang impaksi, dan perawatanpun dilanjutkan dengan lancar.

Keputusan mengenai tindakan seperti ini memang beresiko, karena walaupun jenis kasus sama tapi bisa membuahkan hasil yang sangat berbeda. Misalkan keputusan tindakan ini cocok untuk pasien yang satu, belum tentu cocok untuk pasien yang lain, walaupun dengan kondisi yang sama. Namun apabila antara pasien dan dokter gigi memiliki kesepahaman dan pengertian yang sama, kami yakin tindakan apapun inshaAllah akan bisa berhasil dilakukan, agar mendapatkan hasil yang terbaik untuk kepentingan pasien.

Demikian jawaban yang dapat kami berikan mengenai perkiraan pasang behel tanpa mencabut gigi terpendam, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar