Sukses

Menangani Gigi Retak Sebelum Ke Dokter Gigi

05 Jun 2017, 21:35 WIB
Pria, 35 tahun.

Siang dok..... gigi depan bagian bawah saya trasa ngilu dok,. Buat kumur... bahkan trsentuh gigi atas juga trasa ngilu.... gimna cara ngulngin sakitnya dok.. pdahal tidak berlubang.. tpi ada belas retak pada gigi... seperti retak pada kaca

Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Terimakasih telah bertanya tentang menangani gigi retak sebelum ke dokter gigi  melalui fitur Tanya Dokter.

Beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mencegah terjadinya gigi retak, antara lain:

1. Jangan mengunyah benda yang keras, seperti es batu, popcorn yang tidak matang, menggigiti pulpen ataupun pensil.
2. Jangan menggiling dan menggeretakkan gigi Anda.
3. Jika Anda menggeretakkan gigi Anda saat tidur, hubungi dokter gigi Anda untuk mendapatkan retainer atau mouthguard untuk melindungi gigi Anda.
4. Gunakan mouthguard atau masker pelindung saat melakukan aktivitas/olahraga ekstrim.

Pada kasus gigi retak, sayangnya tidak ada cara yang bisa dilakukan sendiri di rumah. Dengan kata lain, Anda harus segera berkunjung ke dokter gigi. Kadang gigi terlihat sehat, namun akan terasa nyeri saat terjadi perubahan suhu di dalam mulut. Perubahan suhu di dalam mulut dapat terjadi karena faktor makanan ataupun minuman yang dikonsumsi. Jika gigi Anda mengalami nyeri yang terjadi terus-menerus, kemungkinan kerusakan sudah mencapai bagian saraf dan pembuluh darah. Hal ini adalah tanda peringatan yang serius. Kami sarankan agar anda memeriksakannya ke dokter gigi bila sakit terus menerus lebih dari 1 minggu.

Sementara sambil menunggu ke dokter gigi untuk meredakan rasa ngilu anda bisa menggunakan pasta gigi untuk gigi sensitif. Hindari makanan dan minuman yang terlalu panas atau dingin.

Demikian jawaban yang dapat kami berikan mengenai menangani gigi retak sebelum ke dokter gigi, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar