Sukses

Nyeri Otot dan Kesemutan

05 Jun 2017, 20:37 WIB
Pria, 28 tahun.

sore dok. saya mau tanya mengenai sakit nyeri di betis bawah kaki saya sebelah kanan. apakah ini berhubungan dengan gangguan saraf di kaki saya.. nyerinya terasa di dalam namun tidak ada pembengkakan hal ini disertai dengan rasa kesemutan apakah aliran darahnya juga tidak lancar?? mohon sarannya saya harus melakukan pemeriksaan kedokter spesialis mana agar penangannya tepat. terimakasih

Terima kasih telah bertanya seputar nyeri betis dan kesemutan menggunakan fitur Tanya Dokter di KlikDokter.

Fibromialgia adalah kondisi yang disebabkan keluhan nyeri dan kaku pada bagian otot, tendon, dan sendi. Fibromialgia juga dikarakterisasi dengan kondisi kurang istirahat, perasaan lelah saat bangun pagi, lelah, cemas, depresi, dan gangguan pencernaan.
Penyebab dari fibromyalgia sendiri masih belum diketahui. Meskpun fibromyalgia merupakan penyakit yang mempengaruhi otot, nyeri pada jaringan tersebut tidak diikuti dengan peradangan pada jaringan dan tidak menyebabkan kerusakan dari jaringan, berbeda dengan arthritis atau peradangan lainnya.
Anda dapat mulai melakukan peregangan pada otot tubuh Anda dengan cara berolahraga. Tidak perlu olahraga yang berat olahraga intensitas ringan-sedang saja seperti berjalan sudah cukup. Pastikan cukup isttirahat, jangan terlalu memforsir tubuh Anda sehingga Anda akan kelelahan. Perbanyak makan sayur dan buah-buahan untuk menjaga stamina Anda.

Kesemutan dapat menjadi tanda gangguan peredaran darah menuju organ terkait, atau dapat juga karena neuropati (gangguan pada saraf).
Kesemutan yang berlangsung lama (kronis) dapat disebabkan oleh:

* gangguan otak, saraf tulang belakang atau saraf tepi, termasuk di dalamnya adalah trauma, stroke, perdarahan otak, tumor, infeksi otak dan selaputnya, penyempitan saraf (carpal tunnel syndrome), melakukan gerakan berulang atau getaran jangka panjang, dsb
* gangguan jantung dan pembuluh darah
* gangguan metabolik dan hormonal: diabetes, gula darah rendah, gangguan hormon tiroid, menopause, kadar kalsium, kalium, natrium, ureum abnormal.
* infeksi dan sindrom post-infeksi
* gangguan jaringan ikat dan imunitas
* kelainan darah, kulit, tulang, dan sendi
* kurang vitamin: vit B1, vit B5 dan B12
* keganasan/tumor otak
* dsb
Bila keluhan berlanjut dan bertambah berat, sebaiknya Anda pergi memeriksakan diri ke dokter spesialis saraf untuk mendapatkan terapi optimal. Untuk sementara coba konsumsi vitamin B kompleks, perbanyak sayur dan buah, konsumsi air putih yang banyak, serta bila istirahatkan tangan yang kesemutan. Untuk sementara hindari angkat beban di tangan kiri Anda karena akan memperparah keluhan anda

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar