Sukses

Pegal pada Tubuh

05 Jun 2017, 20:25 WIB
Pria, 24 tahun.

Dok saya mau bertanya.. Saat ini otot seluruh tubuh saya tiba-tiba terasa pegal ketika akan melakukan gerakan yang harus membutuhkan kinerja otot nya bekerja,, awal nya saya berpikir kemungkinan karena kondisi kurang tidur saja.. saya sudah istirahat tetapi kondisi saya tetap sama.. kira-kira ini kenapa ya dok..

Terima kasih telah bertanya seputar pegal pada tubuh menggunakan fitur Tanya Dokter di KlikDokter.

Perasaan mudah lelah tersebut dapat disebabkan oleh asupan makanan yang kurang, aktivitas berlebihan, olahraga yang kurang, kurang istirahat, kondisi infeksi, anemia, gangguan hormon, tekanan darah rendah. Perlu diketahui penyebabnya terlebih dahulu baru dapat mengetahui apa yang harus dilakukan. Kami menyarankan Anda untuk berkonsultasi ke dokter spesialis penyakit dalam untuk diperiksa lebih jauh. Mungkin diperlukan pemeriksaan laboratorium seperti pemeriksaan darah lengkap.

Anda dapat mencoba mengurangi aktivitas agar tidak berlebihan, istirahat yang cukup, makan teratur dengan menu gizi seimbang, banyak minum air putih, dan berolahraga teratur (minimal 3x per minggu). Suplemen yang dasar dapat dikonsumsi, namun asupan nutrisi yang bergizi kaya buah dan sayur akan lebih baik.


Sementara badan pegal-pegal yang Anda rasakan kemungkinan adalah fibromyalgia. Fibromialgia adalah kondisi yang disebabkan keluhan nyeri dan kaku pada bagian otot, tendon, dan sendi. Fibromialgia juga dikarakterisasi dengan kondisi kurang istirahat, perasaan lelah saat bangun pagi, lelah, cemas, depresi, dan gangguan pencernaan.

Penyebab dari fibromyalgia sendiri masih belum diketahui. Meskpun fibromyalgia merupakan penyakit yang mempengaruhi otot, nyeri pada jaringan tersebut tidak diikuti dengan peradangan pada jaringan dan tidak menyebabkan kerusakan dari jaringan, berbeda dengan arthritis atau peradangan lainnya.

Anda dapat mulai melakukan peregangan pada otot tubuh Anda dengan cara berolahraga. Tidak perlu olahraga yang berat olahraga intensitas ringan-sedang saja seperti berjalan sudah cukup. Pastikan cukup isttirahat, jangan terlalu memforsir tubuh Anda sehingga Anda akan kelelahan. Perbanyak makan sayur dan buah-buahan untuk menjaga stamina Anda.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar