Sukses

Mengapa Vagina Saya Bisa Kentut?

05 Jun 2017, 18:50 WIB
Wanita, 24 tahun.

Dok,, mau tanya kenapa ya sehabis melahirkan perut seperti ada yang gerak2,terus sama di kemaluan suka keluar bunyi seperti kentut gitu? Makasih

Terima kasih telah bertanya seputar keluhan setelah melahirkan menggunakan fitur Tanya Dokter di KlikDokter.

Kentut vagina dapat terjadi pada wanita dengan otot dasar panggul vagina yang melemah. Proses persalinan normal memang dapat menyebabkan otot dasar panggul vagina menjadi lemah atau kerap disebut secara awam dengan "kekendoran" vagina. Semakin banyak melahirkan anak melalui jalan lahir (vagina), maka semakin besar kemungkinan vagina berkurang kekencangannya. Hal tersebut merupakan proses alami. Apakah Anda sebelumnya sudah pernah melahirkan? Jika belum, maka tentunya hal ini bukanlah sebagai penyebab. Penuaan dan faktor genetik juga berperan dalam kondisi ini. Selain itu terdapat suatau kondisi yang menyebabkan masuknya udara ke vagina yaitu adanya lubang (fistula) antara vagina dengan anus.
Pada wanita dengan otot dasar panggul yang melemah dapat melakukan senam Kegel sebagai latihan untuk memperkuat otot dasar panggul. Anda dapat mempraktekkan senam Kegel untuk mencaga kekencangan vagina.

Gerakan pada perut yang Anda alami, bisa saja disebabkan oleh kontraksi rahim, karena bertahap rahim setelah melahirkan akan berevolusi untuk kembali menjadi mengecil ke ukuran semula.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar