Sukses

Osteoartitis Sendi Lutut

05 Jun 2017, 15:08 WIB
Pria, 34 tahun.

Assalamualaukum..selamat malam dokter, saya mau tanya ni seputar masalah lutut. Ini lutut sebelah kiri saya kalau sedang loncat rasanya ngilu tapi terkadang hilang, kebetulan saya suka main voli, apa yg harus saya lakukan? Atau nutrisi sendi apa yg hrus saya makan supaya lutut saya normal kembali.

dr. Jeannyfer HJ

Dijawab Oleh:

dr. Jeannyfer HJ

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Tanya Dokter.

Halo, kami memahami kekhawatiran Anda.

Ngilu sendi lutut yang menyerang Anda kemungkinan karena radang sendi/osteoartitis.

Osteoartritis adalah penyakit yang paling sering menyebabkan kecacatan. Jika sebelumnya osteoartritis lebih banyak menyerang usia di atas 65 tahun, belakangan angka kejadian osteoartritis pada usia 30-65 tahun meningkat 10 kali lipat.

Umumnya penyakit ini banyak menyerang pria muda (usia <45 tahun) dan wanita tua (usia >45 tahun). Tulang rawan sendi besar –seperti bahu, lutut, dan pinggul merupakan bagian tubuh yang paling sering diserang osteoartritis.

Penyakit ini dapat menurunkan fungsi dan kualitas hidup seseorang, bahkan hingga menyebabkan kecacatan. Dari semua penderita osteoartritis, dilaporkan 80% mengalami keterbatasan pergerakan, 20% tidak dapat melakukan aktivitas berat, dan 11% memerlukan bantuan untuk melakukan kegiatan sehari-hari.

Hingga saat ini belum diketahui penyebab pasti osteoarthritis. Namun berbagai penelitian meyakini bahwa obesitas, penuaan, trauma pada sendi, pekerjaan, dan genetik turut berperan dalam menimbulkan terjadinya osteoartritis. Pada orang muda, osteoartritis biasanya terjadi akibat melakukan olahraga high impact dan rentan cedera –seperti sepak bola, rugby, football, tinju, dan lainnya. Selain itu, pekerjaan berat seperti; buruh bangunan, tukang kayu, pekerja yang memanggul barang berat juga berisiko terkena osteoartritis lebih awal.

Salah satu hal yang dapat dilakukan untuk mencegah atau memperlambat perjalanan penyakit osteoartritis pada lutut adalah dengan menurunkan berat badan. Sebab berat badan berlebih akan turut membebani sendi lutut. Dengan berkurangnya berat badan, maka beban sendi lutut pun akan lebih berkurang.

Apabila melakukan olahraga berat dengan risiko cedera yang tinggi, sebaiknya Anda menggunakan pelindung sendi lutut. Jika olahraga high impact dapat meningkatkan risiko osteoartritis, olahraga low impact seperti; bersepeda, jogging, dan yoga justru dapat menurunkannya. Berbagai studi mengungkapkan bahwa dengan aktif bergerak, kesehatan sendi lutut dapat terjaga. Di samping itu, olahraga juga dapat berkontribusi terhadap turunnya berat badan.

Olahraga air seperti berenang disebut-sebut dapat lebih membantu penderita osteoartritis dibandingkan dengan olahraga yang dilakukan di darat. Jadi, tunggu apa lagi? Mari kita bergerak agar sendi lutut tetap sehat!

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, smeoga bermanfaat.

Salam Sehat

0 Komentar

Belum ada komentar