Sukses

Hasil ASCUS Pada Pap Smear

05 Jun 2017, 15:08 WIB
Wanita, 29 tahun.

Dok, beberapa waktu lalu saya telah melakukan test papsmear dan hasilnya adalah "atypical squamous cells of undetermined siginificance (ASCUS) disertai sebukan leukosit" apa artinya hasil tsb ya dok? Perlukah saya melakukan test lebih lanjut ke dokter spesialis kanker? Terima kasih

dr. Jeannyfer HJ

Dijawab Oleh:

dr. Jeannyfer HJ

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Tanya Dokter.

Halo, kami memahami kekhawatiran Anda.

ASCUS adalah singkatan dari Atypical Squamous Cells of Undetermined Significance. Sel-sel skuamosa berbentuk tipis dan rata dan terdapat pada permukaan serviks yang sehat.

Pada ASCUS, hasil pemeriksaan Pap smear menunjukkan sel-sel skuamosa yang sedikit abnormal, namun perubahannya tidak secara jelas menunjukkan adanya sel-sel prakanker. Dengan tes berbasis cairan, dokter dapat melakukan analisis ulang sampel Pap smear untuk memeriksa apakah terdapat virus yang dapat menyebabkan terjadinya pertumbuhan kanker, seperti beberapa tipe human papillomavirus (HPV). Bila virus seperti itu tidak ditemukan, temuan sel-sel abnormal tersebut tidak perlu terlalu dihawatirkan. Bila virus ditemukan, pemeriksaan lanjutan diperlukan.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Semoga sehat.

0 Komentar

Belum ada komentar