Sukses

Terlambat Haid DI Usia Tua

05 Jun 2017, 15:08 WIB
Wanita, 49 tahun.

Terimakasih atas jawaban sebelumnya Dr..Setelah suntik kb 3bln saya tidak melanjutkan KB apapun bahkan setelah telah mens selama dua bulan saya rajin minum folic acid sekarang saya sudah telat hampir dua bln tapi di tespack negatif dan saya tidak mengalami gejala ngidam dll....Karena sebelumnya tiga anak sebelumnya jg tidak mengalami gejala orang hamil yg berarti....Yg saya rasakan cuma bagian perut bagian bawah saya bergerak seperti yg saya rasakan waktu saya hamil dulu,Saya belum cek USG takut kecewa đŸ˜„apa mungkin Dr saya bisa hamil diusia 49 th...Dan klu ingin hamil apa yg harus saya lakukan

dr. Jeannyfer HJ

Dijawab Oleh:

dr. Jeannyfer HJ

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Halo, kami memahami kekhawatiran Anda.

Terjadinya suatu kehamilan adalah pertemuan antara sperma dan ovum/sel telur.Jika tubuh Anda masih dapat menghasilkan sel telur yang berkualitas, dan pasangan Anda juga memiliki sperma yg berkualitas, Anda masih memliki peluang hamil.

Berdasarkan penelitian, usia reproduksi yang sehat untuk wanita adalah 20-30 tahun. Sebaiknya seorang wanita berhenti melahirkan di atas usia 30 tahun. Ketika seorang wanita di atas usia 35 tahun hamil, maka kehamilan tersebut termasuk dalam kehamilan dengan risiko tinggi. Kehamilan diusia Anda saat ini memiliki banyak resiko baik untuk ibu maupun janin.

Kehamilan risiko tinggi adalah kehamilan yang memiliki bahaya lebih besar dibandingkan kehamilan normal, demikian juga dengan proses persalinannya. Yang dikhawatirkan adalah terjadinya komplikasi baik saat hamil maupun saat melahirkan yang berujung pada kematian.

Cacat janin pada kehamilan usia tua terkait dengan kondisi sel-sel telur yang biasanya sudah tidak lagi baik. Akibat dari sel telur yang kualitasnya menurun tersebut dapat berakibat kelahiran bayi yang cacat baik secara fisik maupun genetik. Umumnya adalah resiko bayi lahir dengan sindroma down.

Selain itu, mengingat usia rata-rata menopause perempuan Indonesia adalah sekitar 48-52 tahun, sehingga saat ini ibu sudah mulai memasuki usia awal menopause. Untuk memastikan bahwa keluhan haid yang menjadi semakin lama ini memang karena memasuki masa menopause dan bukan karena hal lain maka sebaiknya Ibu memeriksakan diri ke dokter kebidanan dan kandungan. Bila menurut dokter Ibu, Ibu tidak memiliki suatu kelainan, maka sangat mungkin kondisi ini disebabkan oleh masa perimenopause (transisi ke masa menopause), yaitu mulai terjadi ketidak seimbangan hormonal.

Sebaiknya Anda melakukan pemeriksaan lebih lanjut ke dokter kandungan Anda.

 

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

Salam Sehat

0 Komentar

Belum ada komentar