Sukses

Gangguan Keseimbangan dan Pusing

05 Jun 2017, 11:51 WIB
Pria, 19 tahun.

selamat malam Dok, saat saya bangun tidur tubuh saya terasa tidak seimbang dan agak pusing, disertai pilek. dan saat buka puasa saya tidak bisa merasakan smua rasa dri makanan.. sebenernya saya sakit apa dok?

dr. Jeannyfer HJ

Dijawab Oleh:

dr. Jeannyfer HJ

Terima kasih telah menggunakan layanan melalui fitur Tanya Dokter.

Halo, kami memahami kekhawatiran Anda.

Bagaimana dengan tekanan darah Anda ?

Apakah Anda memiliki gangguan pendengaran ?

Kami tidak dapat memastikan apa yang menyebabkan keluhan Anda karena dibutuhkan pemeriksaan secara langsung.

Rasa pusing atau pandangan gelap setelah bangun dari duduk atau tidur sering disebabkan oleh hipotensi ortostatik. Pada saat berdiri/duduk tiba-tiba darah akan secara mendadak turun ke bagian tubuh paling bawah (kaki) akibat gaya gravitasi.

Orang yang sehat setelah duduk atau berbaring kemudian berdiri dapat menyesuaikan dalam beberapa detik. Namun jika kondisi ini berlangsung lama atau hingga membuat orang pingsan meskipun sesaat, bisa jadi hal ini merupakan tanda-tanda adanya masalah yang lebih serius.

Penyebabnya adalah karena kekurangan cairan/dehidrasi, kurang olahraga, atau anemia. Penyebab lainnya adalah diabetes, gagal jantung, dan gangguan saraf. Jika Anda sering merasa pusing dan lemas, perlu dicurigai anemia penyebabnya dan diperlukan pemeriksaan laboratorium untuk menilai kadar hemoglobin. Untuk mengurangi gejala tersebut, jangan berdiri/duduk tiba-tiba setelah tidur, bangunlah secara bertahap dan perlahan agar Anda tidak pusing, minumlah minimal 8 gelas/hari, olahraga teratur 3-4x/minggu selama minimal 30 menit setiap sesinya, dan konsumsi makanan yang kaya zat besi.

 

Keseimbangan tubuh kita diatur oleh 3 hal, yaitu mata, telinga, dan otak. Gangguan di salah satu dari ketiga organ di atas dapat mengakibatkan gangguan keseimbangan.

Alat vestibuler atau alat keseimbangan manusia terletak didalam telinga dalam disebelah kanan dan kiri. Apabila terjadi gangguan pada alat keseimbangan maka akan muncul gejala yang disebut vertigo/psuing berputar. Sistem vestibuler ini sangat sensitif dengan perubahan konsentrasi oksigen dalam darah, oleh karena itu perubahan aliran darah yang mendadak dapat menimbulkan vertigo.

Perubahan konsentrasi oksigen dapat terjadi, misalnya pada hipertensi, hipotensi, spondiloartrosis servikal (gangguan tulang leher). Vertigo tidak akan timbul bila hanya ada perubahan konsentrasi oksigen saja, tetapi harus ada faktor lain yang menyertai, misalnya sklerosis/penyempitan pada salah satu arteri atau pembulu darah dalam telinga, atau salah satu arteri tersebut terjepit.

Untuk mengetahui penyebab pasti dan mendapatkan tatalaksana yang tepat Kami anjurkan Anda untuk memeriksakan diri ke dokter. Dokter akan melakukan bebebrapa pemeriksaan keseimbangan. 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam Sehat

0 Komentar

Belum ada komentar