Sukses

Suara Serak dan Batuk Berdahak

05 Jun 2017, 11:46 WIB
Pria, 29 tahun.

suara serak disertai batuk berdahak sudah berlangsung 3 minggu. solusix gmn dok???

Terima kasih telah bertanya tentang suara serak dan batuk berdahak melalui fitur Tanya Dokter. 

Suara parau atau serak terjadi akibat iritasi atau cedera/trauma pada pita suara. Laring (yang disebut juga kotak suara), merupakan bagian dari saluran pernafasan yang mengandung kotak suara.

Pita suara merupakan dua pita otot yang membentuk huruf "V" di dalam laring. Pada saat Anda bernafas, kedua pita suara ini tetap berjauhan. Dan ketika Anda bernyanyi atau berbicara, pita suara ini akan saling mendekat, bergetar dan memproduksi suara. Pembengkakan atau benjolan pada pita suara akan mencegah getaran ini terjadi, sehingga mengubah kualitas, volume, dan nada suara (rendah/tinggi).

Penyebab suara parau/serak bermacam-macam. Yang paling umum adalah laringitis akut (peradangan pita suara) akibat infeksi saluran nafas atas (biasanya virus). Dapat juga terjadi akibat penggunaan suara kurang tepat (misuse), misalnya:

  • Berbicara pada lingkungan yang bising
  • Penggunaan berlebihan (misalnya pada penyanyi)
  • Menggunakan telepon dengan cara telepon dijepit di antara pipi dan bahu
  • Menggunakan nada yang kurang sesuai (terlalu tinggi/rendah) ketika bicara
  • Berteriak

Keluhan suara serak Anda bisa saja disebabkan oleh batuk yang dialami. Saran kami Anda memeriksakan diri untuk melihat dan memastikan penyebab batuk dan suara serak tersebut, apakah infeksi virus atau bakteri. Bila memang karena infeksi virus, maka dapat sembuh sendiri (self limiting) akan tetapi pada kondisi infeksi bakteri memerlukan antibiotik. 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai suara serak dan batuk. Semoga bermanfaat. Salam. 

0 Komentar

Belum ada komentar