Sukses

Meningkatkan Produksi ASI

05 Jun 2017, 13:27 WIB
Wanita, 33 tahun.

Selamat pagi dok..saya habis melahirkan secara normal per tanggal 1 juni 2017 kmrn, sampai dengan hari ini asi saya masih sangat sedikit bahkan sebelah kanan jarang keluar sedangkan anak saya laki-laki, tingkat kebutuhannya sangat tinggi selalu merasa haus, dan agak kuning kulitnya, pertanyaan saya adalah bolehkan anak saya dibantu dengan susu formula agar lebih baik kondisinya sambil juga saya melatih asi saya supaya lancar, jd susu formula hanya untuk membantu asupan bayi saya, mohon penjelasannya ya dok karena saya sedikit kuatir dengan kondisinya terima kasih

dr. Rio Aditya

Dijawab Oleh:

dr. Rio Aditya

Terima kasih telah bertanya seputar meningkatkan produksi ASI melalui fitur Tanya Dokter

Ketika bayi baru lahir dan ASI belum keluar secara lancar, jangan langsung sedih dan panik. Secara teori, ASI akan semakin banyak mengalir bila payudara semakin sering dihisap oleh bayi. Jumlah produksi ASI tergantung dari berapa banyak bayi menyusu. Semakin sering bayi menyusu, semakin banyak hormon prolaktin dilepaskan, dan semakin banyak produksi ASI. Sebaliknya, produksi ASI akan berkurang secara bertahap jika frekuensi menyusui juga berkurang.

Untuk memperlancar produksi ASI, susui bayi setiap 2-3 jam dengan frekuensi menyusui bayi dalam 24 jam minimal delapan kali. Pada saat awal-awal bayi memang lebih senang tidur, jika bayi sudah tidur lebih dari 3 jam maka bangunkan dan susui. Hal ini memang tentu tidaklah mudah terutama bagi ibu baru, namun seiring berjalannya waktu produksi ASI akan semakin meningkat seiring bertambahnya permintaan. Yang terpenting ialah komitmen untuk menyusui.

Lambung bayi baru lahir masih kecil sehingga kebutuhan ASI nya belum banyak.Saat usia 1 hari kebutuhan ASI bayi ialah sekitar 5-7 ml, usia 3 hari 22-27 ml, usia 1 minggu 45-60 ml, dan usia 1 bulan sekitar 80-150 ml. Sementara bayi usia 2-6 bulan membutuhkan sekitar 570-900 ml/hari.

Produksi ASI sangat dipengaruhi kondisi psikis ibu. Bila hati ibu tenang, bahagia, maka produksi ASI akan berlimpah. Kemungkinan hanya 1 dari 1000 wanita yang benar-benar tidak dapat menyusui. Dukungan dari suami dan keluarga pun tak kalah penting agar ASI lancar. 

Perlu diketahui bahwa prinsip dari ASI adalah supply and demand, semakin sering Anda menyusui (memerah) ASI maka produksi ASI pun akan semakin bertambah. Tetap semangat untuk memberikan yang terbaik untuk anak Anda.

Demikian informasi yang bisa disampaikan seputar meningkatkan produksi ASI, Semoga bermanfaat

0 Komentar

Belum ada komentar