Sukses

Cara Memperoleh Tubuh Proporsional

05 Jun 2017, 11:46 WIB
Pria, 16 tahun.

Halo, dokter. Saya ingin bertanya. Bagi seorang perempuan yang sering melakukan olahraga (5-6kali seminggu, frekuensi waktu paling lama 2 jam), apakah ada dampak negatif dari olahraga/aktivitas fisik tersebut (bagi wanita)? Apakah pada umur sekitar 17 tahun tinggi badan masih dapat bertambah? dan juga, bagaimana cara menurunkan berat badan yang benar? Terimakasih dokter.

Terima kasih telah bertanya tentang cara memperoleh tubuh yang proporsional melalui fitur Tanya Dokter. 

Kebiasaan olahraga secara rutin 5-6 kali per minggu yang Anda lakukan sudah baik dan harus terus dipertahankan. American Heart Association (AHA) menyarankan seseorang untuk melakukan olahraga minimal 5 kali per minggu masing-masing selama 30 menit. Sementara untuk menambah tinggi badan dapat dilakukan apabila lempeng pertumbuhan yang terdapat di tulang panjang masih terbuka. Lempeng tersebut terbuka pada saat usia pubertas dan baru akan menutup pada usia 20-21 tahun.Namun menutupnya lempeng pertumbuhan harus dibuktikan dengan foto rontgen di beberapa area tulang.

Yang Anda perlukan hanyalah menjaga asupan nutrisi Anda yang cukup protein dan kalsium serta berolahraga teratur. proses pemadatan tulang dewasa akan berhenti sampai usia 35 tahun. Untuk menunjang pertumbuhan yang optimal di butuhkan vitamin untuk kekuatan tulang yaitu vitamin D, kalsium, dan phospor. Semua vitamin tersebut terangkum dalam makanan yg mengandung protein. baik itu protein hewan atau nabati, serta unsur sayuran hijau. contoh protein hewani yaitu: daging, ayam atau ikan,kerang, cumi, serta putih telur. contoh protein nabati yaitu: tahu tempe dan kacang2an kering lainnya seperti kacang tanah, kacang hijau, kacang polong dsb.Tidak diperlukan suplemen dalam hal ini apabila kebutuhan nutrisi Anda sudah cukup.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai cara memperoleh tubuh yang proporsional. Semoga bermanfaat. Salam. 

0 Komentar

Belum ada komentar