Sukses

Nyeri Perut Setelah Kuret

05 Jun 2017, 11:47 WIB
Wanita, 22 tahun.

Dok saya pernah mengalami keguguran setelah saya kuret saya suka sakiit perut bagian bawaah nah sekarang dua bulan terakhir ini kalw saya dapet haid bulanan di hari pertama nyh sya suka sakit bagian bawah perut rasa nyh panas dan nyeri skit nyh terkadang dari pagi hingga malem itu knpa ya dok

Terima kasih telah bertanya tentang nyeri perut setelah kuret melalui fitur Tanya Dokter. 

Kuret bertujuan untuk mengambil dan membersihkan sisa perdarahan atau jaringan yang masih ada dan menempel. Jika lewat pemeriksaan sudah tidak ada sisa jaringan atau perdarahan di dalam rahim maka tidak diperlukan kuret.

Umumnya setelah satu minggu dari kuretase, darah sudah tidak ada lagi. Jika tidak terjadi komplikasi, umumnya kesuburan akan kembali normal. Jika sudah mendapat haid lagi berarti fungsi organ reproduksi sudah kembali normal dan sudah boleh berhubungan seksual dan dapat hamil lagi. Haid yang normal adalah dalam rentang 2-8 hari, sehingga haid selama 7 hari masih termasuk wajar. Jika seorang dikuret, seorang perempuan akan mulai berovulasi 2 - 3 minggu setelah tindakan kuretase, sehingga sebetulnya dapat segera hamil. Namun, dianjurkan agar ibu menunda kehamilan berikutnya selama kurang lebih 3 bulan, hingga organ reproduksi ibu kembali ke bentuk semula dan ibu telah siap secara fisik dan emosi untuk hamil lagi.

Keluhan perut sakit perlu dikonfirmasi dengan pemeriksaan fisik oleh dokter untuk mengetahui apakah ada masalah atau tidak. Sudahkah Anda datang kontrol ke dokter Anda setelah kuret?

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai nyeri perut setelah kuret. Semoga bermanfaat. Salam. 

0 Komentar

Belum ada komentar