Sukses

Bercak Putih di Wajah Anak, Panu?

05 Jun 2017, 11:45 WIB
Wanita, 43 tahun.

Dok anak saya laki2 umur 15th ada masalah dgn kulit wajahnya, ada panu sudah diobati baik dgn salep dan obat untuk diminum( saya lupa nama obatnya) tp ttp sj panu nya tidak sembuh(hilang) yg jd pertanyaan knp ya dok kok ssh sekali hilangnya padahal anak saya rajin bersih kan wajah.....terimakasih

Terimakasih telah bertanya tentang bercak putih di wajah melalui fitur Tanya Dokter.

Bercak putih di wajah dapat disebabkan oleh beberapa hal, yaitu:

  • Hipopigmentasi pasca peradangan/luka di kulit

  • Pitiriasis versikolor atau dikenal dengan panu

  • Pitiriasis alba

  • Lepra

  • Vitiligo

Untuk menghilangkan bercak tersebut harus dicari apa penyebabnya. Bila penyebabnya adalah pitiriasis versikolor maka dapat diberikan obat jamur yang sesuai. Terapi disesuaikan dengan penyebabnya. Pada hipopigmentasi paska peradangan, sel melanosit kulit di daerah tersebut sudah rusak sehingga terjadilah hipopigmentasi, hal ini sulit dihilangkan kecuali dengan operasi/laser. Pitiriasis alba biasanya terjadi pada kulit atopi (berbakat alergi) dan seringkali disebabkan karena paparan sinar matahari. Sedangkan pada lepra biasanya disertai dengan rasa baal pada daerah dengan bercak putih tersebut.

Pada kasus anak Anda, kemungkinan besar disebabkan oleh pitiriasis alba. Melihat usianya 15 tahun, kemungkinan anak Anda juga sering beraktifitas di luar rumah yang menyebabkannya mudah terpapar sinar matahari. Bila benar karena pitiriasis alba, tidak perlu khawatir. Bercak itu akan menghilang dengan sendirinya.

Namun demikian, kami tetap menyarankan agar Anda memeriksakan si kecil ke dokter kulit untuk ditentukan penyebab pastinya.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan seputar bercak putih di wajah. Semoga bermanfaat. (FA)

0 Komentar

Belum ada komentar