Sukses

Konjungtivitis

05 Jun 2017, 11:50 WIB
Wanita, 26 tahun.

Dok mata saya kena konjungtivitis, sudah +-1 minggu. Sudah px dr sp mata. Sudah dapat obat tetes mata antobiotika. Tp mata msh merah dan berair.Yg ingin sy tanyakan ini kan penyakit menular, penularannya lewat apakah dok? Ciri nya jika sudah tidak menular itu yg bagaimana dokter?

dr. Jeannyfer HJ

Dijawab Oleh:

dr. Jeannyfer HJ

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Tanya Dokter.

Halo, kami memahami kekhawatiran Anda.

Konjungtivitis berarti kondisi peradangan pada bagian paling luar mata yang berwarna bening, yang disebut konjungtiva. Konjungtivitis dapat disebabkan oleh beberapa hal, seperti:

- Infeksi (virus, bakteri, ataupun klamidia).
- Alergi.
- Toksik atau racun, misalnya akibat bahan kimia.

Konjungtivitis yang disebabkan oleh infeksi mudah sekali menular. Metode penularannya adalah melalui cairan mata yang mengandung kuman penyebabnya, bukan lewat tatapan. Misalnya saat penderita menggosok matanya dan memegang berbagai permukaan benda (pulpen, pegangan pintu, meja), kita dapat memindahkan kuman tersebut ke tangan kita bila menyentuh permukaan yang sama. Bila kita tidak mencuci tangan kemudian kebetulan kita menyentuh mata, bukan tidak mungkin kita memindahkan kuman tersebut ke mata kita sendiri dan akhirnya terjadi konjungtivitis.

Sebagai contoh: menggosok mata setelah berjabat tangan dengan penderita yang enggunakan tangan yang sama yang ia pakai untuk menggosok matanya, menggunakan handuk yang sama dengan yang digunakan penderita untuk membasuh mukanya, dsb.

Hal ini sebenarnya dapat dicegah dengan menerapkan kebiasaan yang paling mendasar dan penting, yakni cuci tangan. Bagi penderita sangat dianjurkan untuk mencuci tangan setelah memegang serta mengobati mata, membuang tisu yang telah digunakan ke tempat sampah, serta memisahkan handuk yang biasa dipakai agar tidak terpakai oleh orang lain.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam Sehat.

0 Komentar

Belum ada komentar