Sukses

Apakah Masih Bisa Bertambah Tinggi di Usia 25 Tahun?

05 Jun 2017, 11:45 WIB
Pria, 25 tahun.

Selamat Pagi.. Dok, saya mau tanya, apakah di Usia 25 th, dengan rutin olahraga yang bersangkutan dgn tinggi badan, dan di imbangi pola hidup sehat, dan juga di tambah mengkonsumsi suplement" peninggi badan, apa masih bisa bertambah tinggi badan saya di Usia 25th ini. Terimakasih sblmnya.

Terimakasih telah bertanya tentang tinggi badan melalui fitur Tanya Dokter.

Perlu diketahui bahwa tinggi badan seseorang dipengaruhi oleh beberapa hal seperti genetik (keturunan), kecukupan gizi, dan stimulasi lingkungan.

Penambahan tinggi badan dapat dilakukan selama lempeng pertumbuhan yang terdapat di tulang panjang masih terbuka. Lempeng tersebut terbuka pada saat pubertas dan akan menutup pada usia 20-21 tahun. 

Faktor genetik yang berperan yaitu tinggi badan ayah dan ibu. Anda dapat memperkirakan potensi genetik tinggi Anda melalui rumus ini:

  • Anak laki-laki= (Tinggi Ibu + 13) + Tinggi Ayah (dalam cm) dibagi 2 ± 8,5 cm

  • Anak perempuan = (Tinggi Ayah - 13) + Tinggi Ibu (dalam cm) dibagi 2 ± 8,5 cm

Faktor genetik tidak bisa diubah tetapi bisa dioptimalkan, agar tinggi badan berada di batas atas potensi genetik Anda. Cara mengoptimalkannya yaitu dengan konsumsi gizi yang cukup dan seimbang serta stimulasi lingkungan seperti berolahraga.

Gizi yang paling utama untuk pertambahan panjang tulang dan menunjang pertumbuhan yang optimal yaitu protein, kalsium, vitamin D, dan fosfor. Kandungan gizi ini bisa didapat dari sumber protein hewani seperti daging merah, ayam, ikan, seafood, dan putih telur. Bisa juga dari sumber protein nabati seperti tahu tempe dan kacang-kacangan seperti kacang tanah, kacang panjang, kacang merah, kacang hijau, lentil, dan yang lainya. Bila gizi Anda bisa dicukupkan melalui makanan-makanan ini, Anda tidak memerlukan suplemen.

Stimulasi dari lingkungan seperti olahraga juga diperlukan agar tulang 'terpicu' untuk tumbuh. Anda dianjurkan untuk melakukan olahraga yang memberikan beban pada tulang panjang kaki, misalnya atletik, lari santai, lompat tali (skipping), basket, badminton dan olahraga lain yang sejenis. Dengan cara tersebut, tulang dirangsang tumbuh sedikit lagi karena hentakan berat badan. Olahraga seperti renang pun bisa menambah tinggi badan seseorang.

Usia Anda saat ini sudah 25 tahun, secara teori sudah tidak bisa bertambah tinggi. Namun, cara-cara di atas tetap dapat dicoba meskipun kemungkinannya kecil.

Kami sertakan pula artikel yang dapat bermanfaat bagi Anda:

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan seputar tinggi badan. Semoga bermanfaat.  (FA)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

 

0 Komentar

Belum ada komentar