Sukses

Kopi Hijau Untuk Diet

05 Jun 2017, 11:45 WIB
Wanita, 19 tahun.

Apakah kopi hijau dapat menurunkan berat badan dan bagaimana cara membuatnya

Terimakasih telah bertanya tentang kopi hijau melalui fitur Tanya Dokter.

Kopi hijau merupakan biji kopi yang tidak melalui proses roasting (pemanggangan). Proses pemanggangan tersebut menyebabkan berkurangnya asam klorogenat yang terkandung pada biji kopi. Akibatnya kopi hijau memiliki kadar asam klorogenat yang lebih tinggi dibandingkan jenis kopi lainnya (roasted coffee beans). Asam klorogenat yang terdapat pada kopi hijau dipercaya memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.

Asam klorogenat mampu memengaruhi penyerapan glukosa di dalam tubuh, sehingga menjaga kadar glukosa darah serta mengatur metabolisme yang terjadi di tubuh. Pada obesitas atau kelebihan berat badan, konsumsi kopi hijau lima kali sehari selama 4 sampai 12 minggu mampu menurunkan berat badan sebanyak 2,5 sampai 3,7 kilogram.

Kopi hijau juga mengandung kafein, sama seperti jenis kopi lainnya, sehingga efek samping yang ditimbulkan bisa berupa insomnia, kecemasan dan gelisah, sakit perut, mual dan muntah, serta peningkatan irama jantung dan pernapasan. Pada orang yang sudah memiliki riwayat maag/gastritis sebelumnya, kafein dapat mengiritasi dinding lambung sehingga membuat gejala maag semakin buruk.

Bila Anda ingin menurunkan berat badan secara alami dan sehat, baca tip berikut: Cara Menurunkan Berat Badan.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan seputar kopi hijau. Semoga bermanfaat. (FA)

0 Komentar

Belum ada komentar