Sukses

Tips untuk menghindari alergi

05 Jun 2017, 11:20 WIB
Pria, 16 tahun.

Selamat malam dok masalah saya nih dok saya sudah pergi berobat 7x 4x suntik beberapa pengobatan alergi saya hilang dokternya bilang saya alergi ayam ikan yang gatel2 dan juga bakso2 gt dok Memang benar setiap kali saya makan itu timbul putih2 seperti panu bulat kecil lama2 melebar dan sangat gatal jika saya alergi ayam tentunya akan muncul merah2 seperti koin tapi saya tidak jadi saya mintak tolong nih dok saya udh lama menderita penyakit ini selama 4 tahun kira2 obat apah yah dok yang bisa menghilangkannya saya masih gak mengerti knapa saat saya mengkomsumsi

dr. Aldo Ferly

Dijawab Oleh:

dr. Aldo Ferly

Terima kasih telah bertanya seputar tips menghindari alergi Anda melalui fitur Tanya Dokter.

Meski tidak dapat disembuhkan, jenis alergi tertentu dapat diatasi dan dikendalikan tanpa obat. Jenis alergi yang dimaksud adalah alergi dengan derajat ringan- sedang. Caranya adalah sebagai berikut:

Menghindari faktor pencetus (alergen)

Menghindari alergen adalah cara mengendalikan alergi yang paling baik. Karena pada dasarnya, alergi tidak akan muncul jika tidak ada faktor pencetusnya.

Misalnya, jika Anda alergi udang, maka sebisa mungkin hindari segala sesuatu yang berbahan dasar udang. Dengan begitu, alergi tidak akan kambuh.

Hindari asap rokok

Asap rokok dapat memicu alergi, termasuk asma. Selain itu, zat berbahaya ini juga dapat memperparah gejala hidung dan mata gatal, bersin-bersin, serta pilek.

Mencuci hidung

Untuk penderita rhinitis alergi, gejala yang muncul umumnya berupa hidung mampet, bersin, atau gatal di hidung. Sebelum memutuskan untuk minum obat, cobalah untuk mencuci hidung dengan air hangat yang dicampur garam.

Mandi

Saat keluar rumah, tubuh berpotensi besar untuk terpapar berbagai alergen –seperti debu, asap, atau serbuk sari. Di satu sisi, mandi dapat menghilangkan dan mencegah alergen tersebut menempel di tempat tidur, pakaian, atau di perabot rumah Anda

Demikian informasi yang dapat disampaikan seputar tips menghindari alergi Anda. Semoga bermanfaat.
Salam sehat,

    0 Komentar

    Belum ada komentar