Sukses

Terlambat Haid Setelah Suntik KB

05 Jun 2017, 10:31 WIB
Pria, 27 tahun.

dok saya lepas kb suntik 3bln dari awal bulan maret, kemudian saya sambung dengan pil, jarak 2 minggu akhir bln maret saya dpt haid, nah ini sudah telat 2 bulan tapi blm dapat haid, udah saya tes tp negatif, mohon dok penjelasannya dan solusinya. terimakasih

Terima kasih telah bertanya tentang tidak haid setelah suntik KB melalui fitur Tanya Dokter.

Salah satu keterbatasan dalam penggunaan KB hormonal dalam hal ini adalah KB suntik adalah gangguan menstruasi, seperti;

-siklus haid yang memendek atau memanjang
-perdarahan yang banyak atau sedikit
-perdarahan tidak teratur atau perdarahan bercak (spotting)
-tidak haid sama sekali

Keterbatasan lainnya adalah terlambatnya kembali kesuburan setelah penghentian pemakaian. Namun Anda tidak perlu khawatir, karena hal ini adalah wajar dan tidak berbahaya. Terlambatnya kembali kesuburan bukan karena terjadinya kerusakan/kelainan pada organ reproduksi, melainkan karena belum habisnya pelepasan obat suntikan dari deponya (tempat suntikan).

Pada umumnya, haid baru akan datang kembali pada umumnya setelah 6 bulan. Selama tidak haid tersebut bisa saja terjadi kehamilan. Bila setelah 3-6 bulan tidak juga haid, Anda harus kembali ke dokter atau pelayanan medis tempat Anda mendapatkan KB agar dapat dicari penyebab haid tersebut.

Pemberian ASI bisa saja menjadi salah satu faktor penyebab Anda belum mendapatkan haid. Akan tetapi biasanya menyusui menjadi metode kontrasepsi dalam 6 bulan pertama dan itupun bila menyusui secara eksklusif (8 kali sehari). Setelah 6 bulan biasanya metode kontrasepsi melalui menyusui (Metode Amenore Laktasi) tidak lagi efektif.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan terkait tidak haid setelah suntik KB. Semoga bermanfaat.

 

Salam.

0 Komentar

Belum ada komentar