Sukses

Berkeringat dan Kebas

05 Jun 2017, 07:08 WIB
Pria, 28 tahun.

Dear Klik Dokter, Jika Saya terkadang berkeringat di malam hari ketika tidur, padahal situasi udara yg tidak terlalu panas. Kadang juga disertai rasa kebas pada bagian tangan dan kaki. Apakah itu normal? Apakah ada indikasi tertentu? Saya termasuk rajin olah raga angkat berat (gym) namun terkadang sering tidur malam karena urusan pekerjaan. Apakah ada keterkaitan antara pola hidup Saya dengan keringat malam yg Saya alami? Mohon bantuannya. Terima kasih Salam, Bangkit R

Terima kasih telah bertanya seputar berkeringat saat tidur dan kebas pada tangan dan kaki menggunakan fitur Tanya Dokter di KlikDokter.

Berkeringat yang berlebihan dapat disebabkan oleh beberapa hal, seperti gugup, gelisah, dan emosi merupakan hal yang normal karena adanya rangsangan saraf simpatis sehingga merangsang aktivitas kelenjar keringat berlebihan.

Selain itu, keringat yang banyak dapat disebabkan karena metabolisme yang lebih tinggi dari orang pada umumnya atau kelenjar keringat yang memang banyak. Banyak berkeringat sendiri merupakan pertanda baik karena berarti kelenjar keringat berfungsi sempurna. Pengeluaran keringat merupakan proses sekresi atau pembuangan sisa-sisa garam dan juga racun dari dalam tubuh. Selain itu, keringat juga berfungsi menurunkan panas di dalam tubuh sehingga suhu di permukaan kulit dapat senantiasa terjaga pada tingkatan normal.

Cuaca panas di negara tropis seperti Indonesia memang membuat mudah berkeringat. Meski lebih banyak berada dalam rumah, kelembapan udara yang cukup tinggi dan udara yang panas tetap membuatnya berkeringat. Mekanismenya, tubuh yang menyimpan panas membutuhkan penguapan yang berujung pada keluarnya keringat tadi.
Keringat juga keluar ketika tubuh memproses makanan yang dikonsumsinya menjadi protein yang akan digunakan sebagai pasokan energi untuk tubuhnya. Karena proses mengubah makanan menjadi protein membutuhkan kalori, maka terjadi peningkatan panas dalam tubuh yang kemudian akan dibuang dalam bentuk keringat.

Adanya proses metabolisme ini membuat Anda yang sedang diam atau tidur pun tetap saja berkeringat. Sekali lagi, keringat banyak adalah pertanda baik. Kecuali bila suhu udara sangat dingin, tubuh akan menahan pengeluaran sebagian keringat untuk menjaga agar suhu badannya tetap hangat. Sisa-sisa metabolisme (sekresi) akan dikeluarkan lewat air seni.Hal ini normal terjadi. Selama Anda masih aktif dengan asupan makanan bergizi yang cukup, maka hal tersebut tidak perlu dikhawatirkan.

Beberapa penyakit dapat menyebabkan keringat berlebihan seperti penyakit hipertiroid namun hal ini biasanya bersamaan dengan keluhan lain seperti jantung berdetak kecang, sering BAB, sering makan namun berat badan tidak naik, serta leher atau mata yang semakin lama membesar.
Jika keluhan dirasakan sangat menganggu, kami sarankan Anda untuk memeriksakan diri Anda ke dokter spesialis penyakit dalam. 

Kesemutan dan kebas dapat menjadi tanda gangguan peredaran darah menuju organ terkait, atau dapat juga karena neuropati (gangguan pada saraf). 

Kesemutan yang berlangsung lama (kronis) dapat disebabkan oleh:


* gangguan otak, saraf tulang belakang atau saraf tepi, termasuk di dalamnya adalah trauma, stroke, perdarahan otak, tumor, infeksi otak dan selaputnya, penyempitan saraf (carpal tunnel syndrome), melakukan gerakan berulang atau getaran jangka panjang, dsb
* gangguan jantung dan pembuluh darah
* gangguan metabolik dan hormonal: diabetes, gula darah rendah, gangguan hormon tiroid, menopause, kadar kalsium, kalium, natrium, ureum abnormal.
* infeksi dan sindrom post-infeksi
* gangguan jaringan ikat dan imunitas
* kelainan darah, kulit, tulang, dan sendi
* kurang vitamin: vit B1, vit B5 dan B12
* keganasan/tumor otak
* dsb

Bila keluhan berlanjut dan bertambah berat, sebaiknya Anda pergi memeriksakan diri ke dokter spesialis saraf untuk mendapatkan terapi optimal. Untuk sementara coba konsumsi vitamin B kompleks, perbanyak sayur dan buah, konsumsi air putih yang banyak, serta bila istirahatkan tangan yang kesemutan. Untuk sementara hindari angkat beban di tangan kiri Anda karena akan memperparah keluhan anda

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar