Sukses

Distribusi Lemak Tubuh Tidak Merata

05 Jun 2017, 08:55 WIB
Pria, 15 tahun.

Dok. Saya laki. Usia 15th. Tinggi 166cm. Berat 65kg. Badan saya sangat brlemak Dok. Seperti tidak ada ototnya. Terutama dibagian dada. Saya agak risih dalam berpakaian. Seperti punya perempuan Dok. Lalu pinggang saya kecil. Tetapi, pinggul saya lebar sekali penuh dengan lemak. Sekilas bentuk badan brlemak saya seperti jam pasir dengan penumpukan lemak terpusat di dada dan dipinggul. Ada apa dengan badan saya Dok? Dan apa solusinya?

Terimakasih telah bertanya seputar lemak tubuh melalui fitur Tanya Dokter.

Kami memahami kondisi Anda.

Distribusi lemak tubuh yang tidak merata pada pria (dan cenderung seperti distribusi lemak tubuh pada wanita) bisa disebabkan oleh ketidakseimbangan hormon estrogen/testosteron pada pria. Pada kasus seperti ini hormon testosteron/hormon pria cenderung lebih rendah dibandingkan estrogen. Kondisi ini paling nampak di bagian payudara, yang terlihat membesar seperti wanita (atau disebut juga dengan ginekomastia).

Ginekomastia dapat terjadi pada salah satu atau kedua payudara, dan kadang tidak simetris. Bayi yang baru lahir, anak laki-laki yang sedang mengalami pubertas maupun pria yang lebih dewasa dapat mengalami ginekomastia akibat perubahan kadar hormon.

Penyebab rendahnya kadar hormon pria bisa akibat kondisi-kondisi yang menghambat produksi testosteron atau yang meningkatkan kadar estrogen. Hal-hal berikut dapat mengganggu keseimbangan hormon-hormon ini:

  • Perubahan hormon secara alami pada saat baru lahir, pubertas dan usia tua (antara usia 50-64)
  • Obat-obatan seperti anti-androgen, steroid anabolik (dopping), obat anti-AIDS, obat anti-cemas seperti diazepam, antidepresan, antibiotik, kemoterapi, beberapa obat jantung dan salurang pencernaan
  • Alkohol dan narkoba seperti amfetamin, marijuana, heroin, dan metadon
  • Kondisi kesehatan seperti hipogonadisme, penuaan, tumor, hipertiroidisme, gagal ginjal, gagal hati dan sirosis hati, malnutrisi/gizi buruk
  • Produk herbal yang digunakan dalam shampoo, sabun atau lotion yang mengandung tea tree atau lavender

Kondisi yang Anda alami bukanlah masalah yang serius namun lebih membuat seseorang menjadi tidak nyaman atau merasa malu dengan dirinya. Seiring berjalannya waktu, kondisi ini bisa menghilang dengan sendirinya (mengingat Anda sedang dalam usia pubertas juga). Bila tidak menghilang dan mengganggu penampilan, dapat ditangani dengan obat-obatan maupun operasi.

Untuk mendapat informasi yang lebih mendalam, Kkami sarankan agar Anda berkonsultasi dengan dokter spesialis anak konsultan endokrin.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan seputar lemak tubuh. Semoga bermanfaat. (FA)

Salam,
Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar