Sukses

Efek Onani Terhadap Ejakulasi Dini

05 Jun 2017, 06:08 WIB
Pria, 18 tahun.

Dok bila seseorang terkena ejakulasi dini karena terlalu sering onani, apakah bisa pulih kembali seperti normalnya apabila dia berhenti onani?

Terimakasih telah bertanya seputar ejakulasi dini melalui fitur Tanya Dokter.

Berdasarkan konsensus International Society of Sexual Medicine pada tahun 2014, ejakulasi dini diartikan sebagai:

  1. Sejak pertama kali melakukan hubungan intim, ejakulasi selalu atau hampir selalu terjadi kurang dari satu menit setelah penetrasi vagina. Kondisi ini disebut ejakulasi dini primer. 

    Tapi, orang yang sebelumnya normal pun dapat mengalami ejakulasi lebih singkat, yaitu kurang dari tiga menit setelah penetrasi vagina. Kondisi ini disebut ejakulasi dini sekunder.

  2. Ketidakmampuan untuk menahan ejakulasi pada semua atau hampir semua penetrasi vagina.

  3. Menimbulkan konsekuensi negatif secara personal seperti stres, cemas, frustasi, dan menghindari hubungan intim.

Pengertian ini hanya berlaku ketika Anda berhubungan intim yang sesungguhnya dengan wanita dan tidak dapat dipakai sebagai acuan ejakulasi dini bila dilakukan dengan onani/masturbasi. 

Apakah Anda ejakulasi dini atau tidak hanya bisa diketahui nanti ketika Anda telah menikah atau telah aktif secara seksual.

Efek dari kebiasaan melakukan masturbasi lebih condong kepada masalah psikis dimana timbul pikiran terus menerus untuk melakukan masturbasi dan perasaan bersalah karena masturbasi. Masalah-masalah psikis ini dapat memicu terjadinya stres tanpa disadari sehingga dapat menyebabkan terjadinya disfungsi ereksi (impotensi) atau ejakulasi dini secara tidak langsung. Selain itu, tindakan masturbasi juga dapat menyebabkan perlukaan dan peningkatan risiko infeksi pada kemaluan akibat penggunaan benda-benda yang tidak terjamin kebersihannya. Terlalu seing masturbasi juga dapat mempengaruhi kualitas dan kuantitas sperma.

Beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengalihkan keinginan melakukan masturbasi adalah dengan melakukan hal-hal yang lebih positif seperti dengan berolahraga, melakukan hobi-hobi Anda, berpuasa dan lainnya. Satu hal yang pasti, hindarilah hal-hal yang memicu Anda untuk ingin melakukan masturbasi.

Berikut kami sertakan pula artikel yang sekiranya dapat bermanfaat bagi Anda:

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan seputar ejakulasi dini. Semoga bermanfaat. (FA)
 
Salam,
Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar