Sukses

Benjolan di Lipatan Paha

04 Jun 2017, 23:26 WIB
Wanita, 16 tahun.

Selamat pagi dok, saya perempuan berumur 16 tahun. Saya merasakan ada benjolan di lipatan paha kanan.karena saya merasa itu tidak terlalu berbahaya maka saya abaikan.Awalny tidak terasa sakit dan kecil. Tapi lama kelamaan saya merasa benjolan tersebut sedikit membesar. Dan saya merasa paha kanan saya agak nyeri dari pangkal hingga betis. Selain itu, saya tidak memiliki gangguan apa2. Saya tidak demam, nafsu makan saya baik2 saja dan saya merasa sehat sekali. Apakah benjolan tersebut berbahaya? Apakah ada kemungkinan operasi atau sebagai macamnya? Terimakasih sebelumnya dok🙂

Terima kasih sudah bertanya menggunakan fitur tanya dokter di Klikdokter.
Kami mohon maaf atas keterlambatan menjawab pertanyaan anda.

Sebelum menjawab pertanyaan Anda, perlu kami konfirmasi terlebih dahulu letak benjolan yang Anda alami. Apakah letaknya tepat sejajar dengan garis lipatan paha bagian depan? Jika iya, kemungkinan besar benjolan yang terdapat di daerah tersebut dinamakan limfadenopati (pembesaran kelenjar getah bening), dan jika letaknya pada lipat paha disebut limfadenopati inguinal.

Limfadenopati inguinal dapat disebabkan oleh:

- Infeksi pada daerah sekitar paha dan kaki
- Tumor kelenjar getah bening/ limfoma
- Keganasan
- Tuberkulosis
- Penyakit menular seksual seperti herpes simpleks, gonorea, sifilis, dan lainnya.

Kemungkinan benjolan tersebut adalah tanda dari reaksi infeksi /peradangan di sekitar. Namun untuk memastikan penyebab, sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter untuk pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang.

 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

Tim Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar