Sukses

Kaki dan Tangan Bengkak Saat Hamil

04 Jun 2017, 23:39 WIB
Wanita, 25 tahun.

assalamualaikum dok. saya mau tanya. skrg sya hamil 34 minggu 3 hari. saya mau tanyakan sejak usia kandungan saya 4 bln kaki dan tanganku udah mulai bengkak. klo tgn aku kyk kesemutan gitu. dan klo mlm tgnku udah bengkak aja. sakit kalo di kepal2 gitu. klo pagi udah turun lgi bengkak nya. gitu trus ampe skrg. dan 1 lgi dok. saya kan suka mkn pare dok, apa boleh gk yah buat ibu hamil.

dr. Rio Aditya

Dijawab Oleh:

dr. Rio Aditya

Terima kasih telah bertanya seputar kaki dan tangan bengkak saat hamil melalui fitur Tanya Dokter

Bengkak dan nyeri di tangan dan kaki saat hamil bisa juga terjadi karena kondisi perut yang semakin membesar saat hamil dan menekan pembuluh darah yang mengarah balik ke jantung serta saraf yang berada di dekatnya.

Beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk meringankan bengkak dan nyeri kaki/tangan saat hamil, yakni:

  • Hindari berdiri atau duduk dengan kaki menyilang dalam jangka waktu yang panjang
  • Lakukan perengangan kaki secara teratur di siang hari dan beberapa kali sebelum tidur di malam hari.
  • Lakukan gerakan berputar pada tumit dan jari-jari kaki Anda saat duduk, makan, ataupun saat menonton telivisi.
  • Jika memungkinkan, biasakan berjalan kaki setiap hari kecuali jika ada kondisi khusus dari bidan atau dokter kandungan Anda yang tidak memperbolehkan Anda untuk berjalan kaki
  • Hindari kegiatan yang membuat Anda terlalu lelah. Saat beristirahat, miringkan posisi badan Anda ke kiri untuk melancarkan peredaran darah balik ke jantung
  • Banyak minum air putih untuk menjaga kecukupan cairan dalam tubuh selama hamil
  • Mandi air hangat sebelum tidur malam untuk melemaskan otot Anda

Beberapa sumber juga menganjurkan pemberian magnesium untuk membantu mengurangi keluhan kaki kram saat hamil. Namun, sumber lain menyebutkan bahwa suplemen magnesium tidak terbukti secara signifikan mengurangi intensitas dan frekuensi kram kaki saat hamil. Konsultasikan terlebih dahulu ke bidan atau dokter kandungan Anda sebelum memutuskan untuk mengonsumsi suplemen magnesium.

Wanita hamil juga disarankan untuk mengonsumsi suplemen kalsium untuk memenuhi kebutuhan kalsium selama kehamilan. Namun dengan mengonsumsi tambahan kalsium sekalipun, belum ada bukti ilmiah yang cukup untuk membuktikan bahwa kalsium dapat mengurangi keluhan kram kaki saat hamil. Bahkan pada penelitian yang membandingkan antara ibu hami yang mengonsumsi kalsium dan tidak mengonsumsi kalsium, tidak ada perbedaan terkait kejadian kram kaki saat hamil pada kedua kelompok tersebut.

 

Namun selain kiat-kiat diatas, kami sarankan anda berkonsultasi dengan doker spesialis kandungan anda untuk melakukan pengkajian terhadap keluhan yang anda alami. Kami khawatir karena keluhan ini berlangsung cukup lama, mungkin ada penyebab lain dari nyeri serta bengkak pada tangan anda. 

Demikian informasi yang dapat disampaikan seputar kaki dan tangan bengkak saat hamil, Semoga bermanfaat

0 Komentar

Belum ada komentar