Sukses

Penyebab "Masuk Angin"

04 Jun 2017, 22:50 WIB
Wanita, 35 tahun.

Dok, belakangan sy sering merasa masuk angin, sakit kepala dan sisi tubuh kiri selalu merasa ada keluhan. Entah jantung debar, kesemutan, kepala sakit, mata berkabur, sampai telinga. Sudah sering minum obat warung tetapi gejala muncul. Saya tidak merokok namun suami iy, tidak minum minuman keras n ada olahraga tp tidak rutin. Apa ini gejala awal jantung? Sy pernah cek jantung di rs jantung. Hasilnya jantung tidak apa tp kurangi tepung n karbohidrat. Apa yg harus saya lakukan? Krn selalu terlihat tidak sehat

Terima kasih sudah bertanya  menggunakan fitur tanya dokter di Klikdokter.
Kami mohon maaf atas keterlambatan menjawab pertanyaan anda.


Istilah 'masuk angin' sendiri sampai saat ini tidak ada di dalam kamus kedokteran. Keluhan yang dikatakan sebagai 'masuk angin' tersebut dapat disebabkan karena beberapa hal, seperti infeksi virus, kondisi tubuh yang overexercise, maupun dispepsia atau gangguan pencernaan. Hal tersebut tergantung dari keluhan yang Anda kemukakan.

Keluhan kembung, mual, bersendawa berlebih kemungkinan disebabkan karena dispepsia atau gangguan pencernaan yang dapat diatasi dengan membatasi makanan yang merangsang serta beberapa obat pencernaan. Keluhan pegal, rasa tidak enak di seluruh tubuh mungkin disebabkan karena infeksi virus yang dapat diatasi dengan istirahat dan makan yang cukup.


Selain maksud di atas, ada sebagian orang yang mengutarakan 'masuk angin' sebagai penjelasan dari rasa pegal pada seluruh tubuh, pusing, dan lain sebagainya. Tentunya 'masuk angin' dengan gejala tersebut memiliki penjelasan medis yang berbeda pula. Pegal pada seluruh tubuh dan pusing umumnya merupakan gejala awal influenza. Gejala ini umumnya disebabkan oleh infeksi virus dan dapat hilang dengan sendirinya dengan cara memperbaiki kekebalan tubuh dan beristirahat yang cukup.

Mungkin saja kondisi yang Anda alami disebabkan karena tubuh yang kurang fit, istirahat kurang, makan tidak teratur, jarang berolahraga, dan stress. Untuk meningkatkan kebugaran tubuh dan menjaga kesehatan disarankan untuk makan makanan bergizi secara teratur, istirahat cukup (6-8 jam/hari), olahraga rutin (3-5x/minggu), serta hindari stress.

Kami sarankan sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter spesialis penyakit dalam. Namun sekali lagi, untuk menegakkan diagnosis diperlukan pemeriksaan langsung oleh seorang dokter. Ceritakanlah dengan lengkap keluhan yang dirasakan agar Anda mendapatkan tatalaksana yang optimal.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

Tim Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar