Sukses

KB suntik dan Gangguan Haid

04 Jun 2017, 22:59 WIB
Pria, 20 tahun.

Selamat malam dok... saya mau tanya,umur saya 20 thn.saya sudah menikah 1 bulan yang lalu.2 minggu sebelum menikah,tepatnya pda tgl 27 februari saya catin dan dari tanggal tersebut pula saya mulai menggunakan pil kb (diberi saran sama bidan saya) dengan minum pil yang untuk haid.saat itu saya sedang haid yang ke-4 harinya.kemudian,setelah 3 hari menikah saya lupa minum pil tsb.dan pada tanggal 27 maret,pil saya habis.dan yg terakhir itu pil untuk haidnya.tapi tgl 27 saya tidak haid.tgl 28nya saya pergi ke bidan untuk konsultasi+catin yg kedua kalinya.lalu saya berganti dari tadinya pil menjadi suntik kb/bulan.karena takut lupa lagi.dan kata bidan tersebut,tunggu sampai tgl 25 april.jika pda tgl tsb saya haid,maka lanjut untuk disuntik kb lagi.tapi jika ditgl 25 tsb saya tidak haid,berarti saya hamil. Tapi,ditgl 29 maret(tepatnya 1 hari setelah suntik kb) saya mengalami pendarahan entah itu haid atau apa.tapi warnanya agak hitam dan itu cuma keluar selama 2 hari.biasanya saya haid 7 hari.dan 3 hari yg lalu tgl 11 april,saya pendarahan lagi.warna hitam.tapi sedikit.lalu,hari ini tgl 13 pendarahannya banyak.tapi pas bangun tidur aja.stelah itu tidak ada lagi. Yang saya mau tanyakan,pendarahan apakah yg saya alami ini ?

dr. Atika

Dijawab Oleh:

dr. Atika

Terimakasih telah bertanya tentang KB suntik dan Gangguan Haid melalui fitur Tanya Dokter.

Mohon maaf atas keterlambatan kami dalam menjawab konsultasi Anda. Kami sangat senang karena Anda mempercayakan layanan konsultasi kami untuk membantu mengatasi masalah kesehatan Anda dan keluarga.

Salah satu efek samping dari KB suntik yang tergolong sebagai KB hormonal adalah perdarahan yang tidak teratur, mulai dari perdarahan bercak atau flek hingga perdarahan yang berkepanjangan, bahkan 70% pengguna KB suntik tidak mengalami siklus menstruasi. Setiap individu memiliki efek respon yang berbeda-beda dalam penerimaan hormon ini. Kontrasepsi suntikan yang diberikan dengan injeksi secara intramuskular setiap bulan adalah kontrasepsi suntikan estrogen-progesteron, mengandung 25 mg depo medroxyprogesteron asetat dan 5 mg estradiol cypionat.

Penggunaan KB suntik yang tidak teratur juga memang dapat menyebabkan gangguan pada siklus haid. Bila Anda tidak nyaman dengan penggunaan KB yang saat ini digunakan maka Anda dapat mengganti metode kontrasepsinya. Pergantian kontrasepsi tentu saja dapat dilakukan jika memang diperlukan, misalkan karena efek samping yang kurang dapat diatasi. Diskusikanlah dengan dokter Anda mengenai pilihan KB yang paling sesuai bagi Anda.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang KB suntik dan Gangguan Haid. Semoga bermanfaat untuk Anda.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar