Sukses

Kista endometrium

04 Jun 2017, 22:30 WIB
Wanita, 28 tahun.

Dok saya menderita kista wndometrium. Tiap bulan saya usg ukutan nya alhamdulilah tidak nambah. Hanya 2 cm. Cuman pada saat haid itu yang tidak tahan dengan saya. Selalu pnonagles saya masukan sampai 3 baru saya aman. Lama haid saya 3 minggi lamanya.masa subur saya hanya seminghu.haid saya tidak pernah beruba darah. Tapi hitam seperti kopi. Saya belum menikah lago dok. Ada gak solusinya dok kata dokter di rsud tempat saya bekerja. Akan hilang nanti selesai menikah. Apa benar itu dok

dr. Aldo Ferly

Dijawab Oleh:

dr. Aldo Ferly

Terima kasih telah bertanya seputar kista endometrium melalui fitur Tanya Dokter.

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Sebelumnya izinkan kami menjelaskan mengenai apa itu kista didalam rahim.

Kista merupakan suatu benjolan/tumor berisi cairan ataupun kumpulan darah yang umumnya berbentuk seperti buah bertangkai. Sebenarnya kista bisa terjadi di bagian tubuh mana pun, dari paru-paru hingga usus. Namun, bila berbicara kista pada wanita, biasanya ada pada indung telur, lantaran itu dinamakan kista indung telur.

Kista dapat terbentuk dari beberapa macam penyebab, antara lain ketidakseimbangan hormonal, keganasan, merokok, pertama kali mendapat haid pada usia sangat muda, pajanan zat kimia tertentu, stres, kurang aktivitas, nutrisi kurang, berhubungan dengan kesuburan, dsb. Perlu dilakukan evaluasi lebih lanjut untuk memastikan penyebabnya.

Banyak sekali jenis kista. Antara lain kista serosum dengan isi cairan bening berwarna kekuningan. Kista yang biasanya dipengaruhi oleh siklus haid ini akan membesar (terjadi penambahan cairan) saat menstruasi. Ada pula kista musinosum yang memiliki cairan lendir lengket.
Sementara kista dermoid mengandung tak hanya cairan tapi juga ada partikel lainnya seperti rambut, gigi, dan sebagainya. Kista endometriosis atau kista cokelat merupakan kista yang berisi kumpulan cairan darah. Kista ini berasal dari sel-sel selaput perut yang disebut peritoneum. Indung telur yang memiliki kista ini akan mengembang dan bertambah besar.

Bila dilihat dari ukurannya, ada kista berukuran kecil (sekitar 2-3 cm atau di bawah 5 cm), ada yang ukuran sedang (di atas 5 cm), dan ada yang ukurannya besar (di atas 6 atau 10-12 cm). Sementara jika dilihat dari hispatologinya, ada kista yang jinak atau fisiologis saja. Ada juga yang menunjukkan keganasan.

Terkait dengan pertanyaan Anda "apakah penyakit kista bisa hilang setelah menikah?" jawabannya bisa iya dan tidak. Maksud bisa hilang setelah menikah hanya jika setelah menikah terjadi proses kehamilan, dimana pada umumnya kista sederhana berukuran < 5 cm dapat mengecil secara spontan selama kehamilan, sedangkan kista campuran memerlukan evaluasi lebih lanjut. Jika tidak terjadi kehamilan, tentunya kista bisa tambah membesar.

Kami sarankan Anda melakukan konsultasi dengan dokter spesialis kebidanan dan kandungan agar dapat dilakukan wawancara medis secara detail, pemeriksaan fisik secara menyeluruh dan pemeriksaan penunjang (bila diperlukan).

Demikian informasi yang dapat disampaikan seputar kista endometrium. Semoga bermanfaat.
Salam sehat,

    0 Komentar

    Belum ada komentar