Sukses

Penyebab Keluhan Berdebar

04 Jun 2017, 21:51 WIB
Wanita, 23 tahun.

Dok kakak saya laki2 umur 31 tahun tiba2 jantungnya berdetak kencang dan berlangsung 3- 5menit an badanya panas setelah detak jantungnya kembali normal suhu badanya juga tidak panas lagi Kenapa ya dok

Terima kasih karena Anda telah menggunakan fasilitas e-konsultasi dari KlikDokter.com

Kami memahami kekhawatiran Anda. Keluhan palpitasi atau berdebar dapat disebabkan oleh berbaagai hal, salah satunya adalah aritmia. Aritmia adalah gangguan irama jantung, suatu kondisi di mana jantung berdetak terlalu cepat atau disebut takikardia, terlalu lambat atau disebut bradikardia, atau berdetak tidak teratur. Tentu saja aritmia dapat terlihat pada gambaran hasil pemeriksaan EKG seseorang. Tindakan Anda sudah sangat tepat untuk melakukan konsultasi dengan dokter spesialis jantung. Tentu saja kompetensi dokter spesialis jantung dapat dipercaya untuk membaca hasil EKG. Terlalu dini untuk menyimpulkan penyebab keluhan Anda. Namun ada beberapa penyebab keluhan jantung berdebar.

Di bawah ini ada beberapa gejala penyakit jantung yang harus diwaspadai, yaitu :

Nyeri dada seperti ditekan benda berat yang dapat terjadi di seluruh bagian dada yang terjadi selama beberapa menit atau hilang timbul.

Nyeri di daerah salah satu atau kedua lengan, punggung atas, leher dan rahang yang tidak jelas penyebabnya seringkali berupa keluhan seperti diikat tali dengan kuat.

Nyeri di daerah ulu hati atau rasa tertekan benda berat pada daerah perut atas.

Sulit bernapas dengan nyeri dada atau tanpa nyeri dada.

Mual dan muntah tanpa sebab yang jelas.

Pusing, rasa melayang, pingsan, gangguan tidur tanpa sebab yang jelas.

Keringat dingin yang berlebihan.

Rasa lelah meskipun ketika sedang duduk atau beristirahat.

Jika salah satu gejala tersebut atau beberapa gejala sekaligus terjadi pada Anda, sebaiknya segeralah mencari pertolongan medis. Jangan menunggu terlalu lama dan jangan mengabaikan keluhan tersebut. Dokter akan membantu Anda menentukan apakah gejala-gejala yang dialami disebabkan karena serangan jantung atau bukan.

Palpitasi adalah istilah medis untuk denyut jantung yang tidak teratur, terlalu kuat atau memiliki kecepatan abnormal. Palpitasi atau jantung berdebar memang dapat merupakan salah satu pertanda adanya masalah pada jantung. Namun selain itu, jantung berdebar juga dapat disebabkan oleh hal lain, antara lain:

Adanya gangguan panik, rasa khawatir, takut, stres (psikosomatis)

Latihan fisik yang terlalu berat.

Konsumsi kafein (kopi), nikotin (rokok), alkohol, obat flu.

Penyakit tiroid, kadar gula darah yang rendah, kurang darah (anemia), tekanan darah rendah, demam atau dehidrasi (kekurangan cairan)

Perubahan hormon seperti selama menstruasi, kehamilan.

Obat-obat pelangsing, asma.

Suplemen herbal dan nutrisi tertentu.

Kadar elektrolit dalam darah yang tidak seimbang/normal.

Makanan tinggi karbohidrat, tinggi gula, tinggi lemak, tinggi garam dan tinggi MSG.

Adakah salah satu dari penyebab di atas yang terjadi pada Anda? Sejak kapan keluhan dirasakan? Apakah Anda sedang mengalami masalah? Apakah keluhan tersebut muncul saat Anda sedang stres/sedih?

Stres dan kondisi psikis seseorang dapat mempengaruhi status kesehatan. Gangguan psikosomatis merupakan gangguan atau rangkaian keluhan yang dirasakan berhubungan dengan kondisi psikis, misalnya kondisi ketika seseorang mengalami tekanan mental (stres), yang diikuti oleh berbagai keluhan kesehatan seperti rasa sesak, cemas, berdebar-debar, peningkatan asam lambung, sakit kepala, dan sebagainya.

Cobalah untuk membuat tubuh dan pikiran Anda lebih rileks. Lakukan kegiatan positif dan produktif seperti bersosialisasi, olahraga, menulis, dan sebagainya untuk mengindari perasaan marah/sedih atau gundah yang Anda rasakan. Berdoa, tenangkan diri dan terus berpikir positif.

Jika Anda memiliki masalah yang cukup berat, Anda dapat konsultasi dengan psikolog atau Dokter Spesialis Psikiatri untuk mencari tahu diagnosis dan terapi yang lebih tepat. Wawancara medis yang mendetil dan dilakukan secara langsung selalu lebih baik.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar