Sukses

Flek Paru Pada Anak

04 Jun 2017, 21:51 WIB
Pria, 25 tahun.

As Dok Mau tanya Sya Punya ank Tadi nya ank saya Sakit Flek Sya berobt SaMpe 9 bulan.Skrg ank sya sakit Batuk blum Sembuh2 Sudah hampir 2 minggu Munrt Dr aPh ini Flek nya kmbuh Lgi dok.

dr. Atika

Dijawab Oleh:

dr. Atika

Terimakasih telah bertanya tentang Flek Paru Pada Anak melalui fitur Tanya Dokter.

Mohon maaf atas keterlambatan kami dalam menjawab konsultasi Anda. Kami sangat senang karena Anda mempercayakan layanan konsultasi kami untuk membantu mengatasi masalah kesehatan Anda dan keluarga.

Flek paru dalam dunia medis merupakan TBC (tuberkulosis) paru.

Infeksi TBC Paru pada anak seringkali diakibatkan karena adanya kontak dengan penderita TBC paru yang berada di sekitar anak Anda. Adakah orang-orang di sekitar anak Anda yang mengalami sakit tersebut atau batuk-batuk lama yang tak kunjung sembuh? Tentunya, selain menjalani pengobatan anak Anda harus dijauhkan dari orang-orang dewasa di sekitarnya yang dicurigai mengalami penyakit TBC paru (tentunya menyarankan juga kepada orang yang dicurigai tersebut untuk berobat) karena jika tidak diobati maka mereka akan menular dan seterusnya berulang. Lalu tak lupa menjaga nutrisi makanan sehari-hari. .Namun, TBC pada anak sedikit berbeda dengan TBC pada orang dewasa karena biasanya tidak menyebabkan gejala batuk produktif sehingga kebanyakan tidak menyebabkan penularan. Penularan biasanya terjadi dari orang dewasa.

Beberapa gejala TBC yang terdapat pada anak:

-Demam lama (> 2 minggu) tanpa sebab jelas dan demam tidak terlalu tinggi
-Dapat disertai keringat malam
-Batuk lama > 3 minggu
-BB turun atau tidak naik dalam 1 bulan
-Nafsu makan menurun/berkurang
-Diare persisten yang tidak sembuh

untuk penegakan diagnosa TBC dapat melalui beberapa pemeriksaan penunjang seperti Uji tuberkulin (tes Mantoux),Foto toraks A/P atau P/A dan lateral,Pemeriksaan mikrobiologis basil tahan asam (BTA) secara langsung dan biakan Mycobacterium tuberkulosis dari bahan bilasan lambung atau sputum dan lain sebagainya. 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang Flek Paru Pada Anak. Semoga bermanfaat untuk Anda.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar