Sukses

Gejala Alergi Susu Sapi

04 Jun 2017, 21:44 WIB
Pria, 26 tahun.

Baby saya usia 4.5 bulan. Akhir akhir ini mnm sufor nya kalau siang hr jrg habis..kadang setengah diminum stelah itu dbuat ny main nipple ny d dalam mulutny. 2 minggu baby saya tdk mnm susu hbs tp kalau mlm mnm susu ny habis 1 mggu ini baby saya mengalami diare 1 hr pup ny bisa sampai 6 x dan sudh dbawa k dokter Dberi obat l bio dan zinc Susu ny dganti dgn free laktosa Dan pup ny brangsur seperti biasa jd 1 hr sx lg Trus sufor ny saya gnt lg dgn yg biasa dy mnm n pup ny kembali lg 4 x dlm shri Apakah baby saya alergi susu sapi Atau baby saya intoleransi laktosa ya Gmn cara mengatasi ny Apakah susu ny dganti dengan free laktosa Atau d ganti dgn sufor merk lain Terima kasih

dr. Atika

Dijawab Oleh:

dr. Atika

Terimakasih telah bertanya tentang Gejala Alergi Susu Sapi melalui fitur Tanya Dokter.

Mohon maaf atas keterlambatan kami dalam menjawab konsultasi Anda. Kami sangat senang karena Anda mempercayakan layanan konsultasi kami untuk membantu mengatasi masalah kesehatan Anda dan keluarga.

Gejala alergi susu sapi biasanya muncul beragam, namun ada 3 gejala yang tersering muncul. Diantaranya adalah:
1. Gejala pada saluran pencernaan adalah gejala tersering (50-80%),
2. Diikuti dengan gejala pada kulit (20-40%), dan
3. Saluran pernapasan (4-25%)

Gejala reaksi cepat alergi susu sapi muncul dalam hitungan menit atau jam setelah mengonsumsi susu sapi dan umumnya disebabkan oleh respon antibodi IgE terhadap protein susu. Gejalanya antara lain:
- Sakit perut
- Mual
- Muntah
- Sesak napas atau mengi
- Ruam, bengkak, gatal pada kulit
- Diare
Namun disamping gejala yang umum terjadi diatas, terdapat juga gejala yang munculnya lambat.

Reaksi lambat alergi susu sapi umumnya disebabkan oleh respon hipersensitivitas non antibodi IgE dan berlangsung dalam hitungan jam atau hari setelah konsumsi susu. Gejalanya antara lain:
- Penurunan berat badan
- Pertumbuhan terhambat
- Ruam kulit seperti eksim
- Menolak makan
- Diare
- Kolik perut
- Mudah marah dan rewel

Anak yang mengalami alergi susu sapi yang melibatkan antibodi IgE memiliki risiko besar mengalami alergi terhadap lingkungan (polutan, debu, dan lainnya).

Peluang alergi ini untuk sembuh akan meningkat seiring pertambahan usia anak. Pada tahun pertama, misalnya, peluang sembuh ialah sebesar 45 hingga 55 persen. Pada tahun kedua, peluang itu akan meningkat menjadi 60 hingga 75 persen. Dan pada tahun ketiga, peluang anak untuk sembuh dari alergi susu sapi ialah 90 persen.

Namun demikian, sebelum sembuh, anak harus menghindari susu sapi sekaligus bahan-bahan makanan yang mengandung susu sapi. Hidangan yang harus dihindari misalnya mentega, krim keju, es krim, yoghurt, roti yang menggunakan susu, sayuran yang dimasak dengan mentega atau krim, permen yang terbuat dari susu, mayones, sereal bersusu, sup krim, susu kocok, hingga puding.

Untuk memastikan apakah anak Anda mengalami alergi susu sapi atau tidak, Anda sebaiknya berkonsultasi dahulu kepada dokter anak yang Anda percayai.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang Gejala Alergi Susu Sapi. Semoga bermanfaat untuk Anda.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar