Sukses

Haid Tidak Teratur

04 Jun 2017, 21:31 WIB
Wanita, 26 tahun.

Dokter, saya ingin brtanya dengan masalah menstruasi yg saya alami.. yg awalnya dtg selama 2 minggu, kemudian berhenti selama 1minggu, dan kembali lagi selama 1 minggu,, lalu berhenti selama 5 hari... dn sya mngalami menstruasi lagi. Apa yg menyebabkan sya mengalami seperti itu??dan apakah hal ini merupakan suatu masalah yg serius untuk ksehatan saya? Dan bagaimana tndakan yg harus sya lakukan dokter?? Terima kasih atas jawaban dokter...

dr. Atika

Dijawab Oleh:

dr. Atika

Terimakasih telah bertanya tentang Haid Tidak Teratur melalui fitur Tanya Dokter.

Mohon maaf atas keterlambatan kami dalam menjawab konsultasi Anda. Kami sangat senang karena Anda mempercayakan layanan konsultasi kami untuk membantu mengatasi masalah kesehatan Anda dan keluarga.

Siklus haid tidak teratur dapat terjadi akibat gangguan keseimbangan hormonal dan gangguan organ reproduksi. Adapun siklus menstruasi tidak teratur umumnya terjadi akibat gangguan keseimbangan hormonal, yang dapat disebabkan oleh beberapa keadaan, antara lain:

Pada 3-5 tahun pertama setelah haid pertama
Pasien dengan gangguan makan (seperti anorexia nervosa, bulimia)
Pasien dengan indeks massa tubuh (IMT) > 30
Malnutrisi (kurang gizi)
Stres psikologis
Atlet
Kekurangan vitamin K
Penggunaan obat-obatan tertentu
Kelainan pembekuan darah
Gangguan hormon tiroid

Untuk mengetahui ada/tidaknya gangguan organ reproduksi memang sebaiknya dilakukan pemeriksaan USG. Kami sarankan Anda untuk berkonsultasi kembali dengan dokter spesialis kandungan untuk dilakukan pemeriksaan ulang terkait kondisi Anda.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang Haid Tidak Teratur. Semoga bermanfaat untuk Anda.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar