Sukses

Sakit Kepala dan Mudah Lupa

04 Jun 2017, 16:10 WIB
Wanita, 17 tahun.

Gini dok, aku tuh sering bgt sakit kepala trus juga sering bgt lupa baru aja, ceritanya aku disuruh sama mama kira" ada 4 disuruh ini itu, diantara 4 itu pasti ada 1 yg kelupaan, sama kadang sakitnya dikepala bagian belakang , ditengah, dan di sebelah kiri, hnya itu , makasih dok..

Terima kasih telah bertanya seputar sering lupa menggunakan fitur Tanya Dokter di KlikDokter.

Biasanya sakit kepala dapat dicetuskan oleh kelelahan, kurang tidur, dsb. Sakit kepala yang tidak diketahui sebabnya ini disebut dengan sakit kepala primer, contohnya adalah migraine dan tension type headache, cluster headache. Sakit kepala yang sebabnya diketahui lebih sedikit (sakit kepala sekunder) dapat disebabkan oleh misalnya sakit gigi, demam, tumor otak, dll. Sakit kepala saat tertawa tidaklah khas mengarah pada diagnosis tertentu dan diperlukan pemeriksaan secara langsung.

Beberapa faktor dapat menjadi pemicu timbulnya sakit kepala, antara lain :
* Stress : biasanya sakit kepala timbul di siang atau sore hari setelah stress bekerja atau ujian

* Gangguan tidur

* Posisi tubuh yang salah saat bekerja

* Waktu makan yang tidak teratur

* Kelelahan mata

* Penghentian konsumsi kafein


Keluhan sakit kepala dapat diatasi dengan istirahat, pemijatan/massage bagian belakang kepala dan leher, serta minum obat penghilang rasa sakit jika tidak tahan. 

Apabila dengan obat pereda rasa nyeri, sakit kepala tidak berkurang atau justru frekuensinya semakin meningkat apalagi disertai dengan gejala lain seperti pingsan dan gangguan keseimbangan, maka kami sarankan untuk berkonsultasi ke dokter spesialis saraf karena dikhawatirkan ada penyebab lain dari sakit kepala tersebut. Mengenai apa pemeriksaan penunjang yang sekiranya diperlukan tergantung hasil pemeriksaan yang dilakukan oleh dokter yang memeriksa Anda langsung.

Sering lupa merupakan gejala yang umum, bisa saja keluhan Anda tidak memiliki landasan kelainan yang mengkhawatirkan namun bisa menjadi pertanda adanya suatu penyakit. Jika keluhan lupa ini begitu parah, misal sampai anda lupa kejadian yang baru saja Anda alami, saya menyarankan Anda untuk berkonsultasi langsung dengan ahli saraf atau neurolog.

Penyakit lupa memang ada, didalam istilah medis kita sebut dengan alzheimer, namun penyakit ini lazimnya diderita oleh orang tua bukan anak muda seperti Anda. Sementara ini, coba latih otak anda tetap aktif dan coba menulis kegiatan Anda dalam buku harian (diary) untuk membantu Anda dalam mengingat masalah, sehingga Anda tidak melupakan hal-hal penting.

Jika keluhan lupa yang Anda alami disertai dengan gangguan pendengaran dan gangguan motorik (sering menjatuhkan barang), kami khawatir ada kelainan pada persyarafan atau pembuluh darah otak. Sebaiknya Anda segera memeriksakan diri ke dokter spesialis saraf untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar