Sukses

Pematangan Paru Janin

04 Jun 2017, 14:15 WIB
Wanita, 27 tahun.

Dear dokter, saya hamil janin kembar dan sekarang janin usia 35 minggu dan 34 minggu lebih 5 hari dan beratnya sekitar 2,4 kilo. Pada usia janin 34 dan 33 minggu saya d suntik dexamethason, katanya untuk pematangan bayi. Kemudian minggu depannya dokter mengijinkan untuk melahirkan tapi usia janin belum genap 36 minggu. apakah aman setelah di suntik dexamethason kemudian d lahirkan sebelum 36 minggu dengan berat tersebut? Mohon penjelasannya. Terima kasih

Terima kasih telah menggunakan layanan Tanya Dokter Klikdokter.

 Pada kehamilan yang dianggap beresiko dan memenuhi indikasi untuk dilakukan persalinan  dimana usia kehamilan belum mencukupi waktunya, ditakutkan terjadinya pengembangan paru yang tidak sempurna yang dapat berakibat pada kematian pada bayi yang baru lahir akibat paru-paru yang belum matang sempurna. Untuk itu, sebelum dilahirkan, perlu dilakukan tindakan untuk pematangan paru bayi.

Surfaktan merupakan komponen yang penting dalam proses pengembangan paru. Surfaktan akan dikeluarkan pada usia kehamilan 24-26 minggu, dan mulai berfungsi aktif pada usia 32-34 minggu.

Produksi surfaktan dapat dipercepat lebih dini dengan meningkatnya pengeluaran kortisol janin yang disebabkan oleh stres, atau oleh pengobatan betamethasone atau deksamethason yang diberikan pada ibu yang diduga akan melahirkan bayi dengan defisiensi surfaktan atau kehamilan preterm 24-34 minggu.

Mengenai rencana kelahiran kedua anak anda sebelum kehamilan 36 minggu, tentunya dokter memiliki indikasi tersendiri. Sebaiknya anda berdiskusi dengan dokter anda mengenai indikasi tersebut. Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar