Sukses

Urtikaria / Biduran

04 Jun 2017, 11:52 WIB
Pria, 29 tahun.

Malam dok. Ibu saya memiliki penyakit gatal2 hampir di seluruh bagian tubuh, terutama paha tapi pernah juga sampai timbul benjolan kecil di kepala. gatal2 dan bentol2 ini muncul setelah makan, tidak . diketahui karena makan makanan apa, karena makan ayam, ikan bahkan kacang2an apa pun bisa keluar bentol2, tidak diketahui karena makan apa..bentol2 itu sering keluar secara tidak jelas terutama habis makan..ini gejala alergi atau penyakit apa ya dok ? trims

dr. Jeannyfer HJ

Dijawab Oleh:

dr. Jeannyfer HJ

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com.

 

Yang Anda maskud dengan benjolan dikepala, dimana lokasinya ?

Apakah diantara makan juga keluar bentolnya ?

Apakah bentol-bentol tersebut timbul mendadak, menghilang perlahan, berwarna pucat, kemerahan, dan meninggi di permukaan kulit ?

Apabila iya kemungkinan yang ibu Anda alami adalah urtikaria atau biduran.

Biduran dapat dicetuskan oleh berbagai penyebab, antara lain:

Obat : penisilin, sulfonamid, hormon, dll

Makanan : telur, ikan, kacang, udang, coklat, keju, tomat, arbei, babi, keju, bawang,dan semangka. Bahan yang dicampur dengan ragi, asam benzoat, asam nitrat

Gigitan serangga

Serbuk sari bunga, spora jamur, debu, bulu binatang

Kutu binatang,serbuk tekstil, air liur binatang, kosmetik

Faktor panas, faktor dingin, radiasi, faktor tekaanan seperti pakaian ketat, emosi

Infeksi

Genetik

Penyakit lain seperti limfoma, hipertiroid, radang sendi

Untuk menangani masalah ini Anda dapat menggunakan obat minum golongan antihistamin seperti CTM, loratadin, dan cetirizine ketika gejala muncul. Selain itu menghindari pencetus yang telah disebutkan di atas penting sebagai usaha pencegahan menghindari pencetus.

Kondisi ini dapat memberat apabila disertai dengan pembengkakan di dalam saluran pernapasan yang menyebabkan gangguan pernapasan yang dapat membahayakan nyawa. Jika sudah terjadi pembengkakan dimata atau sesak segera bawa ibu Anda ke rumah sakit untuk mendapatkan penanganan.

Untuk mengetahui alergi terhadap bahan alergen dapat dilakukan pemeriksaaan prick test atau patch test, tetapi kami sarankan agar ibu Anda berkonsultasi  terlebih dahulu ke dokter umum atau spesialis kulit dan kelamin.


Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam Sehat

0 Komentar

Belum ada komentar