Sukses

Penanganan Utama Keseleo

04 Jun 2017, 11:59 WIB
Wanita, 15 tahun.

Dok mau nanya, kalo keseleo karena jatuh dari tangga cara mengatasinya bagaimana ya?. Sudah coba pake cara RICE tapi belum sembuh. Pas diurut sedikit agak mendingan. Sebaiknya diurut aja atau pake RICE lagi? Trims

dr. Rio Aditya

Dijawab Oleh:

dr. Rio Aditya

Terima kasih telah bertanya seputar penanganan utama keseleo melalui fitur Tanya Dokter

Penanganan utama untuk semua jenis keseleo adalah prinsip RICE. Prinsip RICE digunakan untuk fase akut cedera. Apakah anda sudah melakukannya dengan benar ? Kami sangat tidak menyarankan untk diurut, karena dapat memperparah cedera/luka yang terdapat pada persendian dan ligamen anda. Urut/massage sejatinya disarankan untuk cedera otot. bukan ligamen dan sendi.

Pemulihan pasca keseleo bergantung pada derajat keparahan cedera itu sendiri. Untuk grade 1 waktu yang diperlukan untuk mengistirahatkan kaki anda adalah 5-10 hari.Mengistirahatkan kaki adalah dengan tidak menggunakannya untuk menopang beban (berjalan, berlari, olahraga).

Anda bisa mulai menopang berat badan anda apabila nyeri sudah bisa ditoleransi. Namun apabila sudah melebihi 7 hari dan anda masih belum bisa menopang berat, tulang terasa nyeri saat ditekan, maka kemungkinan yang terjadi adalah cedera dengan derajat yang lebih berat.

Cedera keseleo grade 2 dan 3 memerlukan waktu yang lebih lama untuk pulih total. Pemulihan bisa mencapai 2-4 bulan, selama menggunakan ankle brace/ ankle support. Apabila anda merasakan rasa ketidakstabilan pada ankle anda, maka kemungkinan besar terjadi robekan yang cukup berat pada ligament ankle anda.

Kami sarankan apabila dalam 5 hari anda tidak bisa menopang berat badan, konsultasikan dengan dokter spesialis ortopedi atau kedokteran olahraga karena efek jangka panjang dari keseleo yang didiamkan dapat menyebabkan pengapuran dini sendi ankle.

 

Demikian informasi yang dapat disampaikan seputar penanganan utama keseleo, Semoga bermanfaat

0 Komentar

Belum ada komentar