Sukses

Benjolan Di Telinga

04 Jun 2017, 10:07 WIB
Pria, 18 tahun.

Halo dokter. saya mau bertanya. kemarin belakang telinga saya sakit pas saya cek ada benjolan di belakang telinga kanan saya. ditambah ada benjolan lagi depan telingan kiri saya. kira kira itu kenapa ya dok? nyeri di bagian benjolannya lumayan bikin pusing tapi ga merah benjolannya. apa karena ada luka di kepala saya ya dok sampai gini?

Terima kasih telah bertanya mengenai Benjolan Di Telinga melalui fitur Tanya Dokter
Halo,

Bila benjolan terdapat di daun telinga, hal ini dapat disebabkan oleh infeksi, peradangan, trauma, kista atau tumor. Kista merupakan benjolan seperti kantung berisi seperti cairan. Kista seringkali menimbulkan nyeri bila disertai infeksi. Bila disebabkan oleh trauma seringkali menunjukkan adanya gumpalan darah pada daun telinga. Infeksi lokal daun telinga dapat pula menyebabkan benjolan yang seringkali disertai nanah. Bila benjolan terdapat di daerah belakang telinga dan disertai kaku dan nyeri serta bengkak pada tulang di belakang telinga dapat mengindikasikan adanya proses infeksi tulang mastoid (mastoiditis). Tumor jinak dan ganaspun dpaat menjadi salah satu penyebab benjolan.

Jika benjolan sampai mengeluarkan cairan kekuningan seperti nanah kemungkinan sudah terjadi infeksi. Hal ini bisa disebabkan karena kontak dengan kuman (misal dari tangan) atau kondisi kebersihan telinga yang kurang. Hindari memegang benjolan/luka dengan tangan. Jika benjolan dari awal sering mengeluarkan darah harus dicurigai adanya keganasan, mungkin diperlukan pemeriksaan lanjutan seperti biopsi.

Untuk itu kami sarankan agar Anda mengonsultasikan keluhan ini ke dokter spesialis THT agar dapat dilakukan pemeriksaan telinga secara langsung sehingga dapat diberikan pengobatan yang optimal. Kami sarankan pula untuk tidak mengkonsumsi segala macam obat tanpa petunjuk dan pengawasan Dokter untuk menghindari efek samping yang tidak diinginkan.

Demikian informasi yang dapat kami berikan mengenai Benjolan Di Telinga. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar