Sukses

Menjaga Kesehatan Kulit Bayi

04 Jun 2017, 08:58 WIB
Pria, 33 tahun.

Saya memiliki bayi perempuan berumur 1 bulan. Baru lahir kulitnya putih, dan setelah 2 minggu dijemur matahari jam 7 s/d jam 8 pagi, kenapa sekarang kulitnya sawo matang? Di luar dari faktor genetik ortunya, bagaimana caranya agar bayi bisa kita jaga agar kulitnya putih, dan bersih?

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Kulit seorang anak ditentukan oleh faktor genetik dan lingkungan. Berhubung, anak Anda masih berusia bayi, kami tidak menyarankan pemberian produk pemuith kulit. Jagalah kulit bayi Anda agar tetap sehat, itu yang terpenting. Kulit anak dan bayi, terutama yang baru lahir, sangat halus dan lembut. Selain itu, belum mendapat perlindungan maksimal dari sistem kekebalan tubuh. Karena itu, perawatan kulit anak sangat penting agar tetap bersih dan kelembapannya baik. Ini akan mencegah kulit menjadi mudah iritasi dan kering.

Disarankan agar bayi mandi 1-2 kali sehari dan menggunakan krim pelembab khusus anak minimal 2x sehari setelah mandi atau lebih sering bila cuaca dingin, kering, atau mengalami eksim.

Bila kulit bayi Anda cenderung kering sebaiknya gunakan air hangat dan sabun yang tidak mengandung parfum. Anda dapat melihat pada kemasan, biasanya bertuliskan 'non alcohol' atau 'non perfumed'. Setelah itu bilas dengan bersih, kemudian tepuk-tepuk handuk hingga kulit kering (bukan dengan menggosokkan handuk). Setelahnya segera oleskan pelembab pada kulit anak.

Terkadang kulit bayi yang kering menandakan ia memiliki kecenderungan alergi. Karena alergi dapat mempengaruhi kualitas hidupnya di masa depan, ada baiknya bayi Anda bawa ke dokter anak untuk diperiksakan secara menyeluruh.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan seputar perawatan kulit kering pada bayi. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar