Sukses

Susah Makan Saat Hamil

04 Jun 2017, 01:20 WIB
Pria, 23 tahun.

Selamat pagi dok Saya mau bertanya Jika seseorang sedang hamil tetapi tidak bisa masuk makanan sama sekali itu wajar tidak dok. Terima kasih

Terima kasih telah bertanya tentang susah makan saat hamil melalui fitur Tanya Dokter. 

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Hilangnya nafsu makan selama hamil merupakan hal yang normal, terutama pada bulan-bulan pertama. Seiring bertambahnya usia kehamilan, nafsu makan tersebut akan kembali. Namun, Ibu tetap harus mempertahankan asupan kalori yang cukup. Caranya adalah dengan makan dalan jumlah sedikit-sedikit namun frekuensinya ditambah (sering).

Jumlah kalori yang dibutuhkan adalah antara 2500 - 2700 dengan memakan berbagai macam makanan. Secara umum, pilih makanan yang mengandung serat seperti roti whole-grain, sereal, pasta, nasi, buah, dan sayur-sayuran. Jangan lupa minum susu untuk memenuhi kebutuhan kalsium. Buah-buahan yang dianjurkan terutama yang mengandung vitamin C seperti jeruk, anggur, pepaya, atau sayur-sayuran seperti brokoli dan tomat. Apakah saat ini Ibu minum vitamin/suplemen kehamilan? Jika belum, konsultasikanlah kepada dokter Ibu.

Yang juga penting adalah memonitor perkembangan janin dengan secara teratur kontrol ke dokter. Perhatikan pula kenaikan berat badan Ibu. Pada umumnya, selama 9 bulan kenaikan berat badan adalah 11,5 - 16 kg, dengan kenaikan pada triwulan pertama 1,6 kg, sedangkan pada triwulan ke-dua dan tiga sekitar 0,5 kg per minggu.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai susah makan saat hamil. Semoga bermanfaat. Salam. 

0 Komentar

Belum ada komentar