Sukses

AV Shunt Hilang

04 Jun 2017, 01:01 WIB
Pria, 24 tahun.

Dok.. Mau Tanya.. Bapak saya cuci darah rutin selama 2,5 tahun.. dan sudah pasang AV-SHUNT.. tp hari ini AV-SHUNT.nya hilang.. kira-kira penyebab hilangnya apa ya dok???

Terima kasih telah bertanya tentang AV Shunt Hilang melalui fitur Tanya Dokter

Penderita gagal ginjal kronik memiliki resiko kehilangan darah yang disebabkan karena adanya disfungsi dari platelet atau trombosit (sel dalam darah yang membantu menyembuhkan luka dan mencegah perdarahan dengan membentuk gumpalan darah). Hal ini memang disebabkan oleh proses terapi cuci darah, yang memicu penurunan kadar zat besi dalam darah hingga 3-5 gram besi per tahun. Normalnya, manusia kehilangan zat besi "hanya" 1-2 mg per hari. Rangkaian peristiwa inilah yang berujung pada penurunan sel darah merah atau hemoglobin pada darah secara bermakna. Perlu diketahui bahwa penurunan kadar hemoglobin yang terlalu drastis dapat juga dipicu oleh beberapa kemungkinan, seperti perdarahan aktif di dalam organ tubuh, seperti saluran pencernaan (yang dapat mencebabkan adanya darah dalam feses), saluran pernapasan, saluran kencing, kelainan darah, dan sebagainya.

Terkait AV-Shunt, ini merupakan suatu prosedur pembedahan dengan membentuk suatu pintasan antara arteri dan vena didaerah tertentu yang berguna untuk akses hemodialisa. Pada penderita gagal ginjal Stage 5 yang memerlukan cuci darah/ hemodialisa terus menerus dibutuhkan akses yang berguna untuk jangka lama. Penusukan langsung pada pembuluh darah dilipat paha beresiko baik berupa perdarahan maupun terbentuknya pseudo aneurisma yang beresiko sewaktu waktu pecah. Pada pembuluh darah yang dilakukan shunt, maka vena nya akan melebar bisa 3 sampai 4 kali lipat dan volume darah yang mengalirinya semakin besar.

Jarang sekali terdapat kasus dimana AV shunt hilang, seperti yang terjadi pada ayah Anda. Olehkarena itu saya sarankan Anda melakukan konsultasi kembali terkait pemasangan ulang dengan dokter spesialis penyakit dalam yang menangani.

Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan terkait AV Shunt Hilang. Semoga bermanfaat.

2 Komentar

  • Nik******ri Hidayat

    Dijawab lagi : - Jarang sekali (Tidak Ilmiah : jarang, sering, biasanya dsb) - Saran Konsultasi pemasangan ulang adalah dengan dokter Bedah, bukan Penyakit dalam (yg menghandle Hemodialysisnya)

  • Nik******ri Hidayat

    Jawaban tidak menjawab pertanyaan dengan tepat sesuai topik yang di tanyakan.