Sukses

Benjolan Vagina

04 Jun 2017, 00:10 WIB
Pria, 22 tahun.

Pagi, Dok. Saya mau tanya tentang gatal yang saya alami di daerah kewanitaan saya. Gatalnya sudah mulai hari minggu tapi mulai parahnya hari senin hingga rabu. Awalnya hanya gatal di daerah mons pubis saja lalu saya garuk dan saya boles minyak tawon, tapi lama-lama muncul benjolan seperti bisul jadi saya oles obat ICNTYOL ICHTHAMMOLUM (yang saya beli bulan oktober 2016 lalu). Makin lama gatalnya merambah ke daerah labia menora dan saya oleskan juga ICNTYOL ICHTHAMMOLUM. Selain itu, labia menora sisi kanan juga bengkak sedangkan yang kiri tidak terlalu sehingga size nya beda jauh. Selama beberapa hari ini kalau tidak tahan gatalnya saya gosok atau garuk pada bagian yang gatal. Dan sekarang bagian luar labia menora nya memerah dan kalau terkena air perih sekali. Benjolan seperti bisul di daerah mons pubis juga belum hilang. Ini kenapa ya dok? Apa ada obatnya? Pantangannya apa? Dan bila sudah sembuh nanti apakah ada cara untuk tidak terjangkit penyakit ini lagi karna ini sudah kedua kalinya saya mengalami penyakit serupa tetapi yang pertama (oktober 2016) lebih parah dari ini sampai luka berdarah kalau sekarang tidak. Mohon balasnya. Terima kasih.

Terima kasih telah bertanya mengenai benjolan vagina melalui fitur Tanya Dokter

Sayangnya untuk dapat membantu Anda lebih baik, kami membutuhkan informasi mengenai gambaran benjolan, ukuran, konsistensi, nyeri tekan/tidak, tepi, warna kulit, dan sebagainya. Informasi tersebut paling baik didapat melalui pemeriksaan fisik secara langsung oleh dokter.

Ada beberapa penyakit yang dapat menyebabkan benjolan pada daerah bibir vagina. Berikut ini beberapa penyakit yang dapat menyebabkan benjolan pada bibir vagina:

Kista Bartholin/abses kelenjar Bartholin. Kista ini berasal dari kelenjar bartholin yang tersumbat. Setiap wanita memiliki sepasang kelenjar bartholin pada bibir vagina. Kelenjar yang tersumbat menyebabkan munculnya benjolan (kista) dan dapat pula terinfeksi sehingga meradang. Bila sudah radang, maka benjolan akan menjadi nyeri, kemerahan, dan hangat. Bila terdapat nanah kemungkinan sudah menjadi abses/bisul. Ada kemungkinan benjolan ini yang terjadi pada Anda
Fibroma: tumor jinak yang berasal dari jaringan ikat pada bibir vagina
Lipoma: tumor jinak yang berasal dari jaringan lemak
Folikulitis: benjolan di area berambut kemaluan, terjadi akibat infeksi folikel rambut
Kutil kemaluan: terjadi akibat infeksi menular seksual yaitu akibat virus HPV, dengan sebutan lain penyakit Jengger ayam.
Dan bermacam-macam benjolan lain

Mengingat penyebab benjolan vagina bisa bermacam-macam, untuk mengetahui benjolan itu berbahaya atau tidak, serta penyebab pastinya, diperlukan pemeriksaan ke dokter. Untuk itu, sebaiknya Anda mengunjungi dokter untuk pemeriksaan fisik langsung.

Demikian informasi yang dapat kami berikan mengenai benjolan vagina . Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar