Sukses

Seputar Penyakit Herpes

03 Jun 2017, 20:49 WIB
Pria, 17 tahun.

Begini dok sekarang saya sedang terkena herpes si bagian paha, dan di selangkangan saya ada benjolan dan ditekan terasa nyeri apakah ada hubungannya sama herpes ya dok?

Terima kasih telah bertanya seputar herpes melalui fitur Tanya Dokter.

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan.

Memang terdapat 2 Herpes yang sering membuat rancu masyarakat, yaitu Herpes Simpleks dan Herpes Zoster.

Herpes simpleks adalah suatu penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus herpes simpleks tipe I atau tipe II yang ditandai oleh adanya vesikel (gelembung) berkelompok di atas kulit yang sembab dan merah, mengenai alat kelamiin dan mukosa mulut. Sedangkan herpes zoster adalah suatu penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus varicella-zooster (virus cacar) yang menyerang kulit dan mukosa. Penyakit herpes simpleks termasuk dalam kategori penyakit infeksi menular seksual karena ditularkan terutama melalui hubungan seksual, sedangkan herpes zoster timbul akibat reaktivasi virus yang terjadi setelah infeksi primer yang umumnya bermanifestasi sebagai cacar air (varisela).

Bagaimana dengan keluhan Anda? Apakah herpes yang Anda maksud adalah bintil-bintil dengan nyeri yang hebat? Apakah sebelumnya Anda suda pernah terinfeksi cacar air? Herpes yang disebabkan re-infeksi atau infeksi ulang virus cacar air biasanya menyebabkan satu dermatom tubuh. Dermatom adalah area jaras saraf pada tubuh, contohnya herpes zoster akan menginfeksi bagian atas dada kiri saja. Sehingga bila benjolan selangkangan tersebut jauh lokasi nya dari lesi herpes zoster, lebih tidak mungkin benjolan tersebut disebabkan oleh herpes.

Sedangkan bila herpes yang Anda maksud adalah herpes simpleks, maka masih ada kemungkinan benjolan tersebut disebabkan oleh infeksi herpes tersebut.

Sayangnya informasi yang Anda berikan masih terbatas. Kami sarankan sebaiknya konsultasikan kondisi Anda ke dokter spesialis kulit dan kelamin untuk mengatasi keluhan tambahan Anda.

Demikian informasi yang dapat kami berikan mengenai herpes. Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat.

0 Komentar

Belum ada komentar