Sukses

Makanan Yang Baik Untuk Batuk Pilek

03 Jun 2017, 20:12 WIB
Pria, 22 tahun.

dok mau tanya. saya sedang mengalami flu dan batuk makan apa yang disarankan dan juga harus di hindari ketika mengalami flu dan batuk (berdahak). juga kenapa akhir-akhir ini saya cepat sekali mengalami kelelahan padahal aktivitas saya tidak terlalu berat. padahal sebelumnya biasa2 saja. pola makan dan istirahat juga teratur. terimakasih semoga dijawab.

 

Terima kasih telah bertanya seputar batuk pilek dan sering lelah melalui fitur Tanya Dokter.

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Pada prinsipnya, batuk pilek dapat menimbulkan hilangnya cairan dan juga berkurang masukan makanan/ minuman. Sehingga meningkatkan konsumsi cairan, dapat mengganti hilangnya cairan pada tubuh. Selain itu cairan hangat dapat membantu mengurangi gejala hidung tersumbat serta menimbulkan rasa nyaman. Beberapa makanan lain yang dipercaya dapat meredakan gejala batuk, diantara lain adalah konsumsi yoghurt, cabai dan madu. Yoghurt memiliki kultur aktif yang dapat mengembalikan flora normal usus setelah terapi antibiotik. Terdapat studi meta-analisis yang menyatakan bahwa probiotik dapat mencegah diare yang disebabkan oleh antibiotik. 

Sedangkan madu diketahui dapat membantu meredakan gejala batuk. Di samping meredakan batuk, madu juga dapat meredakan gejala sakit tenggorokan. Caranya adalah dengan mencampurkannya dalam teh hangat, atau air hangat yang dicampur dengan lemon.

Cabai mengandung capsaicin – yaitu suatu komponen aktif yang memberikan rasa pedas atau sensasi terbakar pada setiap bagian tubuh yang terkena. Sifat-sifat yang diberikan oleh zat capsaicin adalah sebagai antiinflamasi , antialergi, antijamur dan anti-iritasi. Selain itu, cabai juga mengandung beberapa vitamin, seperti vitamin A, vitamin B6, vitamin C, dan beta karoten yang sangat baik bagi kesehatan.

Kandungan capsaicin pada cabai ternyata mampu mengencerkan lendir, sehingga dapat mengurangi gejala batuk serta pilek.

Ingatkah Anda saat sedang mengonsumsi semangkuk mie kuah pedas, Anda pasti akan berkeringat banyak dan mengeluarkan banyak lendir dari hidung Anda? Hal ini ternyata memiliki alasan medis tersendiri!

Pada studi yang dilakukan terhadap pasien dengan gejala infeksi pernapasan bagian atas, konsumsi teratur capsaicin secara oral memberikan hasil yang memuaskan. Capsaicin mampu menurunkan sinyal pada saraf sensori, sehingga mengurangi sensitivitas batuk.

Konsumsi cabai memang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Namun ketahuilah, konsumsi cabai secara berlebihan justru dapat menimbulkan masalah kesehatan, misalnya nyeri lambung (maag). Jadi, konsumsilah cabai secukupnya agar memperoleh manfaat sehatnya!

Makanan yang harus dihindari adalah makanan yang dapat mengiritasi tenggorokan, yaitu konsumsi bahan makanan asam dan bersoda.

Pertanyaan kedua Anda mengenai sering kelelahan dapat disebabkan beberapa hal. Selain faktor cuaca, dapat juga disebabkan oleh penyakit sistemik, atau pun kekurangan vitamin. Vitamin E, B1, B6, B12 dan niacin merupakan vitamin esensial untuk kesehatan syaraf. Kekurangan vitamin-vitamin ini bisa menyebabkan gangguan syaraf sehingga bisa muncul keluhan kesemutan.

Bila keluhan Anda sangat mengganggu maka lebih baik segera konsultasikan kondisi Anda ke dokter terdekat. 

Demikian informasi yang dapat kami berikan mengenai batuk pilek dan sering lelah. Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat.

0 Komentar

Belum ada komentar