Sukses

Peringatan Konten!!

Artikel ini tidak disarankan untuk Anda yang masih berusia di bawah

21 Tahun

LanjutkanStop Disini

Kapan Boleh Kembali Bekerja Setelah Operasi Cesarean?

03 Jun 2017, 14:03 WIB
Pria, 36 tahun.

Aslmkum dok,sy mau tanya,istri sy sdh 2 mggu lahiran cesar,bolehkah dia ke tempat kerja untuk sekedar absen,setiap hari? Krna orang2 pada khawatir,takutnya pendarahan,trims dok

Terima kasih telah bertanya seputar pasca operasi cesarean melalui fitur Tanya Dokter.

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Selamat atas kelahiran buah hati Anda. Sebelumnya kami akan menjelaskan terlebih dahulu mengenai operasi cesarean. Sectio caesarea (SC) adalah merupakan suatu tindakan pembedahan untuk melahirkan janin dengan membuka dinding perut dan dinding rahim. Waktu penyembuhan yang diperlukan setelah operasi caesar bervariasi pada setiap orang, tergantung dari ada tidaknya infeksi, aliran darah ke daerah luka, nutrisi, dan penyakit yang diderita (seperti kencing manis, dll). Dalam keadaan normal, penyembuhan luka operasi dapat memakan waktu selama kurang lebih 6 minggu. 

Sebuah penelitian dari Annals of Family Medicine menyatakan bahwa ibu yang langsung bekerja pasca 5 minggu setelah operasi cesarean menghasilkan bahwa sebagian besar ibu tersebut mengalami gejala post melahirkan, diantara lain kelelahan, payudara tidak nyaman, dan berkurangnya hasrat sex. 

Dapat disimpulkan, bila istri Anda masih 2 minggu pasca melahirkan, sebaiknya istirahat terlebih dahulu, minimal 6 minggu pasca melahirkan.

Demikian informasi yang dapat kami berikan mengenai pasca operasi cesarean. Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat.

0 Komentar

Belum ada komentar