Sukses

Batuk Pilek Pada Ibu Hamil

03 Jun 2017, 14:28 WIB
Wanita, 28 tahun.

Dok saya hamil muda usia kandungan saya 1.bulan 2minggu .yg saya ingin tanyakan kenapa badan saya panas dingin trus keringetan gak sembuh2 badan lemas mual2 batuk pilek gak napsu makan sudah hampir 3minggu ini. Saya sudah cekup ke.bidan tapi sampek skrg blm ada perubahan mohon bantuan nya dok. Jika saya harus minum obat, obat apa yg pas buat saya terimakasih.

dr. Atika

Dijawab Oleh:

dr. Atika

Terimakasih telah bertanya tentang Batuk Pilek Pada Ibu Hamil melalui fitur Tanya Dokter.

Mohon maaf atas keterlambatan kami dalam menjawab konsultasi Anda. Kami sangat senang karena Anda mempercayakan layanan konsultasi kami untuk membantu mengatasi masalah kesehatan Anda dan keluarga.

Batuk-pilek pada ibu hamil umumnya disebabkan karena daya tahan tubuh yang menurun, kurang asupan cairan, dan kurang istirahat. Memang tidak ada obat yang 100% aman untuk kehamilan. Untuk mengatasinya Anda dapat meneruskan minum madu ditambahkan peppermint yang diseduh dengan air hangat dan mentol atau minyak kayu putih guna mengurangi keluhan hidung tersumbat.

Selain itu, sebaiknya Anda minum banyak cairan dan makanlah buah-buahan yang mengandung vitamin C untuk meningkatkan daya tahan tubuh Anda. Apabila hidung sangat tersumbat, Anda dapat menghirup uap hangat yang berasal dari baskom berisikan air panas. Dan yang terpenting Anda harus istirahat cukup.

Beberapa obat yang menurut penelitian terbukti aman pada wanita hamil adalah chlorpheniramine (CTM), loratadine, doxylamine, brompheniramine, phenindamine, pheniramine, triprolidine, dan diphenhydramine , tetapi obat2 ini bisa membuat ngantuk terutama doxylamine and diphenhydramine. Ekspektoran (pengencer dahak) seperti guaifenesin (GG) cukup aman untuk dikonsumsi. Penekan batuk seperti dextromethorphan (DMP) aman digunakan, karena sudah ada penelitian pada wanita hamil tdak menyebabkan cacat bawaan.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang Batuk Pilek Pada Ibu Hamil. Semoga bermanfaat untuk Anda.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar