Sukses

Pandangan Gelap Setalah Jongkok

03 Jun 2017, 10:12 WIB
Pria, 20 tahun.

Dok sya ko kalau jongkok kepalanya cpet pusing kadang juga tiba" ngeblang itu kira gimna cara ngebotin'a

dr. Rio Aditya

Dijawab Oleh:

dr. Rio Aditya

Terima kasih telah bertanya seputar pusing setelah jongkok melalui fitur Tanya Dokter

Hipotensi ortostatik adalah rasa pusing atau pandangan gelap setelah bangun dari duduk atau tidur. Pada saat berdiri/duduk tiba-tiba darah akan secara mendadak turun ke bagian tubuh paling bawah (kaki) akibat gaya gravitasi. Orang yang sehat setelah duduk atau berbaring kemudian berdiri dapat menyesuaikan dalam beberapa detik. Namun jika kondisi ini berlangsung lama atau hingga membuat orang pingsan meskipun sesaat, bisa jadi hal ini merupakan tanda-tanda adanya masalah yang lebih serius.

Penyebabnya adalah karena kekurangan cairan/dehidrasi, kurang olahraga, atau anemia. Penyebab lainnya yang lebih berat adalah diabetes, gagal jantung, dan gangguan saraf.

Untuk mengurangi gejala tersebut, jangan berdiri/duduk tiba-tiba setelah tidur, bangunlah secara bertahap dan perlahan agar Anda tidak pusing, minumlah minimal 8 gelas/hari, olahraga teratur 3-4x/minggu selama minimal 30 menit setiap sesinya, dan konsumsi makanan yang kaya zat besi.


Untuk mengetahui solusi berbagai macam keluhan yang Anda perlu dilakukan pemeriksaan fisik dan penunjang secara keseluruhan oleh Dokter agar tata laksana yang diberikan sesuai dengan faktor pemicu yang melandasi keluhan Anda.

 

Demikian informasi yng dapat disampaikan seputar pusing setelah jongkok, Semoga bermanfaat

0 Komentar

Belum ada komentar