Sukses

Alis Rontok, Kok Bisa?

03 Jun 2017, 03:47 WIB
Pria, 23 tahun.

Dear Dok, Beberapa minggu lalu, setelah saya bercermin saya menyadari bahwa ada yang aneh dengan kondisi alis saya. yang dulunya tebal namun saat ini alis mata yang sebelah kanan rontok dan menyisakan kurang lebih setengh dari kondisi awal..kira kira apa penyebab keadaan ini bisa terjadi.?? saat yang bersamaan pula saya baru menyadari bahwa rambut di bagian pelipis kanan hingga ke atas ke bagian rambut kepala utama tidak tumbuh..awalnya terlihat saat habis cukuran namun selang beberapa minggu saat rambut lain disisi lain kepala sudah tumbuh lebat, rambut dibagian pelipis hingga bebrapa luasan di rambut kepala ternyata tidak tumbuh?? kira kira apa penyebabnya dan solusi yang harus saya lakukan agar rambutnya tumbuh kembali??

Terima kasih telah bertanya seputar alis rontok menggunakan fitur Tanya Dokter di KlikDokter.

Kerontokan rambut adalah kehilangan rambut yang berkisar kurang lebih 120 helai per hari. Dapat terjadi menyeluruh atau setempat. Kebotakan dapat disebabkan berbagai macam penyebab, antara lain :
• Infeksi kulit : sifilis, lepra, tinea kapitis
• Stres emosional
• Keturunan (genetik)
• Autoimun : LUPUS
• Depresi
• Faktor fisis, misalnya tekanan pada bayi yang tidur pada satu sisi
• Penyakit sistemik : sifilis, hipotiroid, hipertiroid
• Obat : pil antihamil, metotreksat, siklosfosfamid, klorambusil

Bagaimana dengan penyebab kerontokan alis Anda? Sebelum memberikan terapi, terlebih dahulu harus dicari kemungkinan penyebab.

Terapi secara umum untuk mengobati kebotakan antara lain dengan menggunakan minoxidil, finasteride. Terdapat pula terapi lain seperti suntikan kortikosteroid ke kulit kepala. Namun hal ini harus dilakukan oleh dokter spesialis kulit kelamin. Sebaiknya Anda terlebih dahulu menghubungi dokter spesialis kulit dan kelamin untuk penatalaksanaan lebih lanjut.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai alis rontok, semoga bermanfaat.

 

0 Komentar

Belum ada komentar