Sukses

Mengobati Wasir

03 Jun 2017, 02:27 WIB
Pria, 33 tahun.

Bagai mana cara mengobatin wasir secara alami

Terima kasih telah bertanya tentang ambeien melalui fitur Tanya Dokter.

Ambeien atau Hemoroid merupakan pembengkakan dan peradangan pada pembuluh darah balik (vena) pada daerah rektum atau anus. Di Amerika, 50% populasi usia 50an menderita wasir. Dan diperkirakan sekitar 50-85% populasi dunia akan mengalami gejala wasir pada periode tertentu dalam hidupnya.

Hemoroid dibagi menjadi 2 tipe :

1. Hemoroid eksterna: wasir dapat terlihat dari luar tanpa menggunakan alat apa-apa. Biasanya menimbulkan keluhan nyeri. Dapat terjadi pembengkakan dan iritasi. Jika terjadi iritasi, gejala yang muncul berupa gatal. Wasir jenis ini rentan terhadap trombosis (penggumpalan darah). Jika pembuluh darah vena pecah yang mengalami kelainan pecah, maka penggumpalan darah akan terjadi sehingga akan menimbulkan keluhan nyeri yang lebih hebat.

2. Hemoroid interna: wasir yang muncul didalam rektum., biasanya tidak nyeri. Perdarahan dapat timbul jika mengalami iritasi. Perdarahan yang terjadi bersifat menetes.

Untuk hemoroid interna masih dapat ditangani dengan terapi obat oral. Namun jika dengan obat- obatan tidak juga dapat mengatasinya, maka kemungkinan memang diperlukan tindakan operatif.

Agar hemoroid tidak semakin parah, yang sebaiknya dilakukan adalah pencegahan. Yaitu dengan:

  • Menjaga pola makan. Hindarilah makanan pedas. Makanan pedas akan semakin meningkatkan risiko pembengkakan di anus yang berlanjut menjadi wasir. Kemudian perbanyaklah makanan berserat. Dengan banyak makan makanan berserat, seperti brokoli, kacang, gandum, dan buah-buahan, dapat menurunkan pendarahan, inflamasi dan pembengkakan lebih lanjut. Serat juga dapat mengurangi iritasi.
  • Olahraga. Tujuan dari berolahraga adalah untuk menjaga berat badan. Karena obesitas termasuk menjadi faktor pencetus dari wasir. Namun demikian usahakan untuk menghindari olahraga yang berat. Cobalah olahraga aerobik yang sederhana atau berjalan 20-30 menit per hari. Keduanya dapat menstimulasi fungsi usus.

Demikian yang dapat kami sampaikan tentang ambeien. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar