Sukses

Seputar Keluhan Lutut

02 Jun 2017, 19:21 WIB
Pria, 28 tahun.

saya pria usia 28th, berat badan 80kg (saat timbang di klinik dokter). Jarang olahraga. terkadang olahraga joging 2x dlm seminggu, kadang tidak sama sekali. penderita wasir yang terkadang kumat kadang tidak (belum sembuh 100%, kadang gatal kadang tidak). banyak pikiran dan sering stres/depresi karena gk ada pemasukan sama sekali. Dok saya mau tanya, kenapa ya saya kalau berdiri terlalu lama (4menitan) telapak kaki terasa kesemutan, pegal-pegal, lutut gemetaran, dan keseimbangan badan seolah terasa goyah,kayak mau jatuh,dan kepala kadang agak pusing dikit,kenapa ya dok?apa yang terjadi dalam diri saya ya?dan bagaimana solusinya agar saya kuat berdiri lama? misalnya pada saat upacara bendera, sholat tahajud, sholat jamaah, ngantri di loket dsb??apa ya dok solusinya agar saya kuat berdiri lama? saya juga sering banyak aktifitas kemana mana jalan kaki, maklum belum punya motor, ke kantor jalan kaki. mohon di bantu di jawab ya dok demi kondisi kesehatan saya yang prima

dr. Melyarna Putri

Dijawab Oleh:

dr. Melyarna Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter untuk berkonsultasi mengenai seputar keluhan lutut

Kami memahami ketidaknyamanan yang Anda rasakan. Keluhan nyeri dan keluhan pada lutut Anda kemungkinan disebabkan peradangan sendi lutut Terdapat kelainan sendi akibat peradangan yang disebut dengan osteoarthritis atau dikenal awam dengan pengapuran (dengan kemungkinan penyebab radang karena rematik dan asam urat, riwayat trauma telah di singkirkan terlebih dahulu)

Osteoartritis (OA) adalah suatu kelainan sendi kronis (jangka lama) dimana terjadi proses pelemahan dan disintegrasi dari tulang rawan sendi yang disertai dengan pertumbuhan tulang dan tulang rawan baru pada sendi. Kelainan ini merupakan suatu proses degeneratif pada sendi yang dapat mengenai satu atau lebih sendi.

Hal-hal yang dapat menjadi faktor risiko timbulnya OA antara lain :

Trauma, yaitu patah tulang yang mengenai permukaan sendi.

Pekerjaan yang menimbulkan beban berulang pada sendi.

Obesitas (kegemukan), yang menyebabkan peningkatan beban pada sendi, terutama sendi lutut.

Riwayat OA pada keluarga.

Densitas (kepadatan) tulang yang rendah.

Nyeri merupakan keluhan utama tersering dari pasien-pasien dengan OA yang ditimbulkan oleh kelainan seperti tulang, membran sinovial, kapsul fibrosa, dan spasme otot-otot di sekeliling sendi. Nyeri awalnya tumpul kemudian semakin berat, hilang timbul, dan diperberat oleh aktivitas gerak sendi. Nyeri biasanya menghilang dengan istirahat.

Kekakuan pada kapsul sendi dapat menyebabkan kontraktur (tertariknya) sendi dan menyebabkan terbatasnya gerakan. Penderita akan merasakan gerakan sendi tidak licin yang disertai bunyi gemeretak (krepitus). Sendi terasa lebih kaku setelah istirahat. Perlahan-lahan sendi akan bertambah kaku.

Sayang sekali Anda tidak menyertakan data tinggi badan, apabila Anda termasuk berat badan berlebih maka sebainya diturunkan untuk mengurangi nyeri pada lutut Anda.

Sedangkan keluhan Anda dimana sering merasa pusing, kemungkinannya adalah Anda mengalami hipotensi ortostatik dimana tekanan darah drop ketika berdiri. Untuk mengatasinya kami sarankan untuk olahraga teratur 3 kali per minggu@ 30 menit dan mencukupi kebutuhan nutrisi, terutama bahan dasar pembuat zat besi seperi hati ayam, daging. 

 

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

Salam

0 Komentar

Belum ada komentar