Sukses

Pengobatan Toksoplasma

02 Jun 2017, 14:27 WIB
Pria, 27 tahun.

Selamat Siang, Apakah proses penyembuhan Tokso bisa dimulai sejak sebelum menikah? Bila bisa kira-kira berapa lama prosesnya? Dan apakah bisa sembuh total? Terima kasih.

Terima kasih telah bertanya mengenai pengobatan toksoplasma melalui fitur Tanya Dokter

Infeksi Toksoplasma disebabkan oleh parasit yang disebut Toxoplasma gondii. Toxoplasma gondii dapat menginfeksi sebagian besar mamalia termasuk manusia. Parasit ini ditularkan melalui daging yang dimasak setengah matang atau mentah atau melalui kontak dengan kotoran hewan (kucing, anjing, kambing, domba, babi, dan lain-lain) yang terinfeksi.

Sebagian besar kasus infeksi toksoplasmosis tidak menunjukkan gejala klinik. Satu-satunya cara untuk menentukan apakah seorang terinfeksi atau tidak adalah dengan pemeriksaan serum darah yang akan menunjukkan ada tidaknya parasit Toxoplasma gondii. Sebenarnya toxoplasma bukanlah penyakit menular kepada pasangan, tetapi menular pada keturunan.

Pemeriksaan laboratorium mutlak diperlukan untuk mendapatkan diagnosis yang tepat. Pemeriksaan yang lazim dilakukan untuk mendeteksi adanya infeksi toxoplasma adalah Anti-Toxoplasma IgG, IgM dan IgA, serta Aviditas Anti-Toxoplasma IgG. Pemeriksaan tersebut perlu dilakukan pada orang yang diduga terinfeksi Toxoplasma, ibu-ibu sebelum atau selama masa hamil (bila hasilnya negatif pelu diulang sebulan sekali khususnya pada trimester pertama, selanjutnya tiap trimester), serta bayi baru lahir dari ibu yang terinfeksi Toxoplasma.

Adanya antibodi IgG terhadap Toxoplasma gondii mengindikasikan adanya infeksi organisme ini pada masa lampau. Sementara IgM menunjukkan adanya infeksi baru oleh parasit ini. IgG pada fase awal infeksi tidak akan terdeteksi IgG baru dapat terdeteksi setelah 1-2 minggu setelah infeksi. Puncaknya akan dicapai pada 6-9 minggu dan kemudian akan menurun secara bertahap dalam waktu bulanan atau bahkan tahunan. Nilainya sendiri tidak berhubungan dengan parahnya penyakit.

Pada manusia, infeksi toksoplasma umumnya ringan dan menyebabkan gejala seperti flu. Tetapi, sebagian besar tidak pernah mengalami gejala dan tanda apapun. Gejala yang bisa muncul yaitu nyeri/ngilu-ngilu badan, pembengkakan kelenjar getah bening (bisa hanya di leher saja atau seluruh badan), sakit kepala, demam, cepat lelah. Apabila Anda sehat, umumnya penyakit ini tidak membutuhkan terapi apapun.

Demikian informasi yang dapat kami berikan mengenai pengobatan toksoplasma. Semoga bermanfaat.

 

0 Komentar

Belum ada komentar